Suplemen dan vitamin disebut-sebut sebagai salah satu solusi meningkatkan kesuburan pada pria. Infertilitas atau biasa disebut kemandulan adalah masalah yang sering terjadi dan dikeluhkan oleh banyak pria di seluruh dunia. Institut Nutrisi di Amerika Serikat melaporkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kemandulan pada pria adalah karena kekurangan nutrisi. Padahal antioksidan yang terkandung dalam vitamin dapat melindungi sekaligus meningkatkan fungsi organ reproduksi laki-laki yang berarti meningkatkan kesuburan.

vitamin kesuburan pria

Vitamin E meningkatkan kesuburan pria. Foto: Livestrong.com

Semua pria yang akan menikah dan ingin cepat-cepat memiliki anak seharusnya mulai aktif mengkonsumsi vitamin-vitamin kesuburan setidaknya lima bulan sebelum menikah. Sehingga dalam rentang waktu itu kesuburan pria dapat meningkat drastis.

Yang perlu diperhatikan jika saat ini anda sedang mengkonsumsi obat lain adalah konsultasi dengan dokter sebab beberapa vitamin dapat berinteraksi langsung dengan beberapa obat medis.

Berikut ini beberapa vitamin penting untuk meningkatkan kesuburan pria:

1. Vitamin C

Vitamin C sangat efektif mengatasi masalah kemandulan pada pria. Vitamin C bermanfaat karena fungsinya yang membantu gerak atau motilitas sperma. Vitamin C terutama sangat penting dikonsumsi oleh pria perokok. Penelitian dari herbs2000.com menyebutkan bahwa pria yang merokok selalu kekurangan vitam C sehingga berdampak pada kesuburannya.

Sementara itu fertilinet.com mengatakan bahwa konsumsi vitamin C juga dapat membantu meningkatkan jumlah sperrma. Dan jumlah sperma yang banyak akan meningkatkan potensi berhasilnya salah satu sperma membuahi sel telur. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah sperma menggumpal.

2. Vitamin E

Vitamin E memiliki antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu melindungi DNA di dalam sperma. Dr. Marilyn Glenville merekomendasikan para pria aktif mengkonsumsi suplemen vitamin E untuk meningkatkan kesuburan. Disebut-sebut manfaat vitamin E dapat meningkatkan keberhasilan pembuahan sampai 9%. Dosis vitamin E yang disarankan adalah 15 mg setiap hari.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah suplemen bermanfaat bagu semua orang yang memiliki masalah kesuburan. Dikutip dari situs fertilinet.com disebutkan bahwa pria setidaknya membutuhkan 1.000 mcg vitamin B12 setiap hari. Suplemen B12 dapat membantu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Vitamin B12 akan sangat ampuh jika dikombinasikan dengan suplemen alami lainnya.

Infertilitas bisa menjadi pemicu keretakan dalam rumah tangga terutama jika telah lama menikah tapi tak kunjung hamil. Menurut data dari Mayo CLinic, setidaknya terdapat 15% warga Amerika Serikat yang menderita kemandulan. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kesuburan pria, salah satunya adalah dengan melengkapi konsumsi harian dengan vitamin-vitamin seperti disebutkan di atas.