Kehamilan adalah salah satu hal yang dinanti-nantikan oleh banyak pasangan suami istri terutama bagi mereka yang telah menikah cukup lama tapi tidak juga mendapatkan anak. Ada banyak tanda  kehamilan yang bisa dirasakan oleh wanita tapi sayangnya ciri-ciri tersebut masih tidak pasti dan kadang mengecewakan. Karena itu setiap pasangan perlu juga mengetahui bagaimana cara memastikan terjadinya kehamilan secara benar.

Semakin banyak tanda yang anda rasakan maka kemungkinan anda sedang hamil semakin besar. Tapi untuk memastikan apakah kehamilan benar terjadi, perlu dilakukan tes oleh dokter. Tes-tes tersebut meliputi alat tes kehamilan, mendengar detak jantung bayi dengan alat khusus, melihat langsung foto bayi dalam kandungan dan menggunakan X Ray.

Baca juga: Ciri dan Tanda Wanita Hamil

4 Cara Untuk Memastikan Kehamilan Wanita

menggunakan alat tes kehamilan

Hasil alat tes kehamilan cukup akurat. Foto: about.com

Beberapa cara berikut ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit tapi jika anda ingin memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak, maka boleh anda coba. Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengetahui kepastian kehamilan anda yaitu:

  • Anda bisa mengetahui usia kandungan anda
  • Anda bisa memperkirakan kapan persalinan akan terjadi
  • Istri dan suami akan lebih sigap untuk melakukan perawatan selama kehamilan

1. Menggunakan alat tes kehamilan (Testpack)

Cara ini adalah cara paling umum memastikan terjadinya kehamilan pada wanita. Umumnya alat tes kehamilan dilakukan pada satu hari setelah haid terlambat datang pada wanita dengan siklus menstruasi teratur. Cara ini tergolong mudah dan murah karena testpack bisa dengan mudah anda beli di apotik dan supermarket dan hasilnya instan bisa anda lihat saat itu juga.

Sebaiknya lakukan tes berulang-ulang selama satu minggu sejak anda pertama kali terlambat datang bulan. Perhatikan dengan seksama petunjuk penggunaan testpack yang anda gunakan sebab setiap merk biasanya berbeda cara penggunaan.

2. Mendengar detak jantung bayi dalam kandungan

jantung bayi dalam kandungan mulai berdegup pada tri semester pertama. Umumnya degupan ini tidak bisa didengar bahkan menggunakan alat Doppler sampai dengan minggu ke 9-10 kehamilan, bahkan terkadang sampai dengan minggu ke 12-14.

Denyut jantung bayi yang biasa disebut Fetal Heart Tones (FHT) memiliki detaik yang sangat cepat dan mengalahkan detakan jantung orang dewasa. Kecepatannya sekitar 180 denyut per menit dan mulai menurun pada minggu ke 12 kehamilan menjadi 120-160 denyut per menit sampai persalinan.

Berikut ini contoh detak suara jantung bayi dalam rahim Ibu sebagaimana dikutip dari situs about.com

Suara detak jantung bayi

3.  Pemeriksaan USG

Umumnya cara ini yang digunakan oleh dokter untuk memastikan terjadinya kehamilan pada wanita. Cara ini sangat akurat dan tidak memiliki efek samping. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan gelombang yang dipancarkan pada rahim wanita.

USG juga bisa dilakukan untuk mengambil foto bayi dalam kandungan. Pada trimester pertama, bayi mulai tumbuh dan dengan melalui foto Ultrasound anda bisa melihat pertumbuhnan tersebut dari sebuah titik saja menjadi bayi yang besar dengan lengan yang bergerak-gerak.

4. Foto X-Ray Untuk memastikan kehamilan

Hampir semua calon Ibu akan menolak menggunakan sinar X-Ray untuk pemeriksaan kehamilan karena efeknya yang disebut-sebut berbahaya bagi calon bayi. Cara ini meskipun sangat akurat tapi umumya hanya digunakan pada kondisi tertentu.

Demikian empat cara memastikan kehamilan selain menggunakan Testpack atau alat tes yang sudah umum. Perkembangan teknologi di bidang yang satu ini sudah sangat berkembang sehingga seorang wanita bisa mengetahui apakah sedang hamil atau tidak dengan sangat akurat.