Pengertian infertilitas atau kemandulan adalah ketidakmampuan pasangan suami istri memiliki anak meskipun aktif melakukan hubungan seks secara rutin selama satu tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun. Faktor ketidakmampuan tersebut bisa terjadi pada suami saja, istri saja atau pada keduanya sekaligus. Untuk mengetahui pihak mana yang mandul, perlu dilakukan analisa laboratorium untuk memeriksa kondisi fisik kedua pihak.

Lingkungan tempat tinggal memiliki dampak besar terhadap tingkat kesuburan, lingkungan yang sehat akan menciptakan kesehatan reproduksi yang sehat pula. Hal lain yang mempengaruhi kesuburan adalah zat-zat yang dikonsumsi, udara yang dihirup dan bagaimana cara anda menangani tekanan hidup. Faktor-faktor ini disebut faktor eksternal penyebab kemandulan. Kecuali kemandulan karena faktor genetik, semua penyebab kemandulan karena faktor eksternal bisa dicegah terjadi.

Mengetahui faktor apa saja yang dapat membahayakan kesuburan, dan kemudian melakukan tindakan untuk menghindari faktor penyebab tersebut adalah cara terbaik mencegah kemandulan. 5 langkah di bawah ini adalah hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan sebagai usaha untuk mencegah terjadinya kemandulan dikemudian hari.

1. Periksa gaya hidup anda.

Kebiasaan tertentu seperti merokok atau minum alkohol memiliki efek yang merugikan kesehatan reproduksi anda. Bahkan tingkat stres yang tinggi dan kurang tidur secara konsisten atau dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan potensi anda mengalami kemandulan.

2. Cek kondisi lingkungan sekitar tempat anda biasa beraktifitas sehari-hari untuk mengetahui bahaya lingkungan yang mungkin tidak anda sadari.

Tinggal atau berkantor di sekitar pabrik yang mengolah bahan kimia tentu berisiko menyebabkan anda mengalami mandul. Secara hukum anda memiliki hak mengetahui batasan radiasi kimia yang mungkin terpapar ke tubuh anda. Hidup sehat adalah hak.

3. Menjaga berat badan yang sehat dan melakukan diet dan olahraga secara teratur.

Menghindari kenaikan berat badan berlebih adalah salah satu cara terbaik mencegah kemandulan. Obesitas diketahui sebagai salah satu penyebab infertilitas pada pria. Pada pria, obesitas akan menurunkan jumlah sperma dan pada wanita membuat pembuahan terlambat.

4. Cek kesehatan anda secara periodik setahun sekali.

Diagnosis penyakit awal seperti radang panggul. endometriosis dan kanker leher rahim dapat mencegah kemandulan. Selain itu, dengan melakukan tindakan deteksi dan pengobatan terhadap penyakit menular seksual yang mungkin diderita dapat membantu menjaga tingkat kesuburan anda.

5. Pelajari tubuh dan siklus reproduksi anda.

Dengan memahami tubuh dengan benar anda akan tahu apa-apa saja yang mungkin salah dan sedang terjadi dalam tubuh anda. Pelajari literatur mengenai kesehatan reproduksi dan panduan-panduan agar cepat dapat anak, dan lain-lain. Pemahaman yang baik akan memberi anda cara pandang yang benar terhadap proses reproduksi dan kemandulan.

Banyak rumah tangga yang telah dibina selama belasan tahun tapi pihak istri tidak juga hamil, kadang dalam kondisi demikian rumah tangga menjadi tidak stabil dan sering cekcok. Dalam urusan kesuburan, suami dan istri adalah satu kesatuan, tidak boleh di pisahkan, apalagi saling menyalahkan.

Proses kehamilan sampai kelahiran bayi adalah mekanisme yang rumit dan harus melewati beberapa fase. Satu saja fase cacat akan membuat kehamilan atau kelahiran bayi terganggu. Pasangan suami istri disebut subur jika memenuhi beberapa syarat. Tingkat reproduksi atau kesuburan pria diketahui dengan meneliti sistem dan fungsi reproduksinya apakah mampu menghasilkan spermatozoa yang sehat dan mengalirkannya ke rahim istri. Sedangkan kesuburan atau reproduksi wanita dilihat dari kemampuan organ seksualnya menghasilkan sel telur dan memiliki rahim yang sehat sebagai tempat berkembangnya janin sampai bayi dilahirkan.

Jika saat ini anda sedang dalam tahap penyembuhan suatu penyakit dan diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan secara teratur, maka tanyakan ke dokter yang menangani anda perihal dampak obat tersebut terhadap kesuburan anda. Beberapa obat memiliki efek samping mengurangi tingkat produksi sperma dan membuat pria kesulitan orgasme.

Jika pekerjaan anda menimbulkan tingkat stes yang tinggi, cobalah untuk melepaskan stres tersebut dengan cara yoga, meditasi atau latihan pernafasan. Stres berkaitan dengan kemandulan, mencegah atau melepaskan stres dapat meningkatkan tingkat kesehatan reproduksi anda.