Berdasarkan laporan dari Mayo Clinic, 40% kasus kemandulan yang terjadi disebabkan oleh pihak pria. Dan salah satu masalah infertilitas yang paling sering dialami kaum pria adalah jumlah sperma yang rendah atau terlalu sedikit. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlah sperma normal adalah minimal 20 juta sel spermatozoa per mililiter air mani (semen).

Tips meningkatkan jumlah sperma

Tips meningkatkan jumlah sperma. Foto: jezebel.com

Masalahnya adalah di jaman sekarang banyak sekali kondisi yang memaksa kita menjalani gaya hidup yang tidak sehat, ditambah tekanan pekerjaan yang begitu berat menyebabkan munculnya stres dan depresi. Hal-hal seperti itu bertanggung jawab terhadap menurunnya kualitas sperma.

Bayangkan jika anda adalah sperma, maka perjalanan anda menuju rahim untuk membuahi sel telur membutuhkan perjuangan yang keras. Sperma yang sedikit dan tidak sehat tentu akan memperkecil potensi terjadinya pembuahan. Sperma yang banyak juga merupakan tanda sistem reproduksi pria yang sehat.

Oleh karena itu salah satu cara meningkatkan kesuburan pria adalah dengan berusaha meningkatkan jumlah sperma. Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh, mulai dari memperbaiki gaya hidup, rajin olah raga, mengurangi stres, sampai dengan mengkonsumsi herbal atau vitamin tertentu penambah sperma.

Berikut ini beberapa tips cara meningkatkan jumlah sperma secara alami:

1. Perbanyak konsumsi vitamin

Nutrisi yang terdapat dalam multivitamin, seperti seng, asam folat, dan selenium memainkan peran penting dalam produksi sperma yang sehat. Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut akan meningkatkan jumlah sperma anda.

2. Rileks

Santai dan jalani hidup anda dengan bahagia. Stres dan pikiran negatif akan menurunkan kadar hormon yang bertanggung jawab terhadap produksi sperma. Akibatnya anda tidak hanya akan merasa lemah tetapi produksi sperma anda juga akan terganggu. Terlalu lelah juga memiliki dampak yang sama dengan stres. Karena itu imbangi aktifitas fisik dan mental anda dengan aktifitas rohani.

3. Diet yang tepat

Makanlah buah-buahan dan sayuran yang banyak. Zat antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran akan meningkatkan kesehatan sperma dan mempertahankan jumlah sperma yang anda hasilkan dalam tingkat yang optimal.

4. Jaga berat badan

Jaga berat badan anda dalam kisaran normal, jangan terlalu gemuk dan jangan terlalu kurus. Lemak tubuh yang terlalu banyak akan memperlambat produksi hormon yang bertanggung jawab pada sistem reproduksi sehingga akan menurunkan jumlah sperma Anda.

5. Hindari berendam di air panas

Jangan membiasakan diri berendam di air dengan suhu 39°c lebih dari 30 menit, karena dapat menurunkan kualitas sperma anda dari segi jumlah maupun motilitas. Mandi uap dan sauna juga dapat menurunkan jumlah sperma.

6. Hindari celana ketat

Hindari memakai celana terlalu ketat. Pakaian ketat yang membungkus skrotum akan meningkatkan suhu skrotum dan area di sekitarnya dan mempengaruhi jumlah sperma yang dihasilkan. Agar bisa memproduksi sperma yang sehat suhu skrotum harus berada di bawah suhu tubuh rata-rata.

7. Kurangi masturbasi

Melakukan hubungan intim atau masturbasi setiap hari akan menurunkan kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan. Meskipun sperma diproduksi setiap hari tapi untuk mencapai kematangan dibutuhkan waktu sekitar 3 hari. Hanya sperma yang matang yang kuat berenang menuju tuba fallopi dan membuahi sel telur.

8. Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok akan mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan karena zat dalam rokok akan mempersempit pembuluh darah menyebabkan zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sperma menjadi terhambat. Begitu pula dengan alkohol yang akan merusak sistem syaraf dan mempersempit pembuluh darah dalam tubuh.

Seperti disebutkan di atas, dibutuhkan jumlah sperma sebanyak 20 juta dalam satu mL air mani yang dipancarkan pria ketika berejakulasi. Meskipun jumlah sperma tersebut terlihat sangat besar, kenyataannya hanya sekitar 200-300 sperma yang akan bertahan mencapai sel telur, dan hanya ada satu sel sperma yang akan berhasil menembus dinding sel dan membuahi sel telur. Jika jumlah sperma rendah, maka jumlah sperma yang bertahan untuk mencapai sel telur juga akan menurun sehingga probabilitas terjadinya kehamilan akan menurun atau bahkan sulit terjadi.

Intinya, untuk meningkatkan kesuburan dan menjaga kualitas sperma, anda harus hidup dengan cara yang sehat sekaligus mengkonsumsi makanan bermutu untuk meningkatkan jumlah sperma anda. Beberapa jenis herbal dan vitamin diketahui mampu mengatasi kemandulan pada pria. Sebelum anda mengkonsumsi herbal dan vitamin tersebut lebih baik anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh anda.

Referensi:

MayoClinic: Healthy sperm: Improving your fertility

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!