Prostat adalah salah satu organ pria yang berhubungan dengan fungsi reproduksi dan seksual. Kelenjar prostat berbentuk seperti buah kenari dan terletak di sekitar uretra. Fungsi prostat adalah mengeluarkan cairan semen untuk melindungi sperma agar tetap sehat.

Gangguan pada prostat umumnya terjadi ketika seorang pria telah berusia uzur atau berusia 50 tahun ke atas, oleh sebab itu pula masalah prostat sering disebut sebagai penyakit orang tua. Beberapa gangguan prostat yang umum diderita kaum pria adalah pembesaran prostat, prostatitis dan kanker prostat.

Tips Menjaga Kesehatan Prostat

Gangguan prostat umumnya menyerang pria di atas 50 tahun

Setiap pria paling tidak akan mengalami satu kali gangguan pada prostat dalam hidup mereka. Meski demikian, beberapa ahli medis percaya bahwa gangguan-gangguan tersebut dapat dikurangi dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup dan pola makan saat masih muda. Berikut ini 6 cara yang dianjurkan para ahli untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat.

Minum Kopi
Tim peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang minum enam atau lebih cangkir kopi biasa atau decaf adalah 59 persen lebih aman dari kanker prostat dibanding mereka yang tidak minum. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apa yang di biji kopi yang mungkin membuatnya bermanfaat.

Berhubungan seks
Sebuah studi 2004 di Journal of American Medical Association menganalisis data pada 29.342 pria dan menemukan bahwa pria yang mengalami 21 atau lebih orgasme tiap bulan, sekitar 30 persen lebih aman dari kanker prostat dibanding mereka yang orgasme sampai 4-7 per bulan.

Makan tomat yang dimasak
Penelitian di Harvard pada dekada 1990-an menemukan bahwa tomat yang dimasak bisa menurunkan resiko kanker. Penelitian-penelitian lain turut mengaminkan hasil tersebut. Ditengarai zat likopin yang ada pada tomat menjadi bekerja lebih baik setelah dimasak. Makanlah minimal 2 tip minggu.

Olahraga
Olahraga mengurangi resiko fatal bentuk kanker prostat sebesar 41 persen. Terlebih lagi, di antara korban yang selamat dari kanker prostat, mereka yang berolahraga rutin (bermain tenis, lari, berenang, atau bersepeda) selama 5 jam seminggu memiliki resiko 56 persen lebih rendah dari kematian akibat penyakit tersebut.

Konsumsi ikan
Dalam penelitian pada hewan laboratorium, asam lemak omega-3 DHA dan EPA dalam minyak ikan menghambat tumor. Plus, peneliti Harvard menemukan bahwa pria yang makan ikan tiga kali seminggu mengurangi risiko kanker prostat sebesar 25 persen

Hindari donat
Pria dengan kadar lemak trans yang tinggi dalam darahnya memiliki lebih dari dua kali risiko kanker prostat dibading pria dengan dengan tingkat terendah. Asam lemak meningkatkan peradangan dan resistensi insulin, yang mungkin memainkan peran dalam kanker prostat. Hindari donat panggang dan kue yang mengandung minyak terhidrogenasi.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!