Keinginan bercinta dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah aroma dan rasa makanan. “Setiap jenis makanan punya nutrisi yang berbeda yang mempengaruhi tahapan-tahapan gairah seksual manusia”, ujar Ava Cadell, Ph.D, seorang seksolog. Itulah sebabnya perawatan Aromatherapy disebut-sebut sebagai salah satu metode alternatif menyembuhkan gangguan seksual.

Jenis makanan pembangkit gairah seks

Jenis makanan pembangkit gairah seks

Ada jenis makanan yang bersifat menahan aliran darah dan ada juga yang membuat aliran darah mengalir lancar menuju kelamin. Jenis-jenis makanan tersebut memberi efek dalam performa seksual setiap orang. Bahkan di masyarakat banyak berkembang mitos tentang makanan pembangkit performa seks contohnya daging kambing yang disebut dapat meningkatkan hasrat seksual kaum pria.

Dalam sebuah penelitian yang mengamati hubungan aroma makanan dan gairah seksual, Ava Cadell menemukan bahwa setiap aroma makanan yang dites memicu respons seksual pria. Tingkat respon seksual tersebut berbeda-beda antara satu jenis makanan dengan makanan lainnya.

“Keju dapat meningkatkan aliran darah sampai 5 persen, sementara popcorn bisa meningkatkan aliran darah sebanyak 9 persen. Lavendel dan pai labu sampai 40 persen,” ujar Ava Cadell. Aroma lavendel dan pai labu merupakan stimulan seksual yang sangat kuat bagi wanita.

Beberapa jenis makanan seperti buah ceri dan daging yang dipanggang menunjukkan hasil yang terbalik pada wanita karena mengganggu hasrat seksual. Berikut ini 10 jenis makanan dan buah yang bisa di gunakan untuk membangkitkan gairah seksual.

1. Alpukat

Buah Alpukat kaya akan lemak baik dan membuat jantung lebih kuat berdetak dan menjaga aliran darah mengalir lancar ke seluruh tubuh.

2. Kacang almond

Almond padat nutrisi dan kaya akan mineral yang penting bagi kesehatan seksual dan reproduksi, seperti zinc, selenium, dan vitamin E.

3. Stroberi

Stroberi merupakan sumber asam folat, vitamin B yang membantu menangkal cacat lahir dan meningkatkan jumlah sperma.

4. Seafood

Seafood atau makanan laut seperti Tiram sangat baik untuk kesehatan seks. Tiram mengandung zinc (seng) yang sangat tinggi, kekurangan zinc dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Minyak ikan seperti salmon liar dan Herring mengandung mineral omega 3 lemak yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

5. Arugula

Arugula mengandung mineral penting dan antioksidan yang dapat menghambat penyerapan zat berbahaya yang muncul dari lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara yang berdampak buruk bagi libido

6. Buah Ara

Buah ara mengandung serat yang penting untuk kesehatan jantung.

Alpukat adalah makanan aprodisiak seks

Alpukat, salah satu zat afrodisiak

7. Jeruk

Buah jeruk kaya akan zat antioksidan, vitamin C, dan asam folat, yang semuanya penting untuk kesehatan reproduksi pria.

8. Kerang

Kerang disebut-sebut mengandung Dopamin, jenis hormon yang dapat meningkatkan gairah seks. Kerang juga memiliki kandungan seng yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi sperma dalam tubuh.

9. Cokelat

Cokelat selalu didentikkan dengan cinta dan kasih sayang. Cokelat memiliki kandungan phenyl ethylamine, sebuah unsur yang dapat menimbulkan perasaan dicintai oleh pasangan. Cokelat adalah salah satu makanan sensual.

10. Pisang

Buah paling sering ditemui di iklim tropis seperti Indonesia ini dapat membangkitkan gairah dan libido kaum laki-laki. Pisang memiliki kandungan Potasium dan vitamin B yang dapat meningkatkan stamina.

Selama ribuan tahun, manusia selalu mencari makanan atau apapun itu yang dapat meningkatkan gairah seks mereka. Berbagai mitos dan penemuan ilmiah bercampur aduk dan hasilnya bisa dilihat dengan munculnya beraneka macam obat kuat yang dijual bebas di toko obat.

Kata “afrodisiak” diambil dari mitologi Yunani kuno, Aphrodite, dewi cinta orang Yunani.  Aphrodite disebut muncul dari laut dari atas tiram. Sehingga tidak mengejutkan jika kerang yang di atasnya bertengger Dewi Cinta itu umumnya dianggap sebagai afrodisiak tertua di dunia.

Tiram kaya akan zinc. Zinc sangat penting untuk produksi testosteron, dan testosteron adalah hormon seks yang berfungsi meningkatkan libido atau hasrat seks, kekurangan testosteron menyebabkan tubuh lemah, gairah seks rendah dan massa otot menurun. Jadi bisa dimengerti dari sudut pandang ilmiah bahwa tiram baik bagi dorongan seksual.

Karena memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi, Tiram disebut sebagai makanan yang dapat meningkatkan testosteron dalam tubuh, artinya dapat meningkatkan libido ke tingkat normal bagi yang mengalami libido rendah. Casanova dilaporkan mengkonsumsi lebih dari selusin tiram setiap hari untuk menjaga energi seksual dalam bentuk puncak.

Berbagai Edibles telah dilaporkan selama berabad-abad sebagai “makanan dengan manfaat,” termasuk wortel, asparagus, adas, pala dan cengkeh, Rocket, kemangi, lada, mustard, jelatang, kacang polong manis, adas, pistachio, dan bahkan siput, untuk beberapa nama. Jadi, tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan-makanan Afrodisiak tersebut sebab memang baik bagi kesehatan tubuh secara umum.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!