Pada umumnya orang menghindari melakukan hubungan seks saat istri sedang menstruasi. Meskipun sebagian besar alasan orang tidak melakukannya karena faktor moralitas atau karena dilarang Agama, beberapa penelitian terakhir justru membenarkan alasan tersebut.

Bahaya berhubungan seks saat menstruasi.

Berhubungan seks saat menstruasi berbahaya bagi kesehatan. Foto: sindonews

Berikut ini beberapa bahaya melakukan hubungan seks saat menstruasi secara medis sebagaimana dikutip dari situs detik health.

1. Tingkat risiko tertular penyakit seksual lebih besar

Saat menstruasi leher rahim wanita akan terbuka sehingga ketika melakukan hubungan seks ada kemungkinan bakteri atau jamur berbahaya masuk ke dalam rahim yang akan mengganggu ekosistem setempat.

Begitu juga misalnya saat penetasi terjadi, kemungkinan ada luka kecil yang muncul pada penis atau dinding rahim akibat gesekan terus menerus. Darah menstruasi yang tidak steril atau sperma yang mengandung kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Laura Berman, PhD, seorang seksolog Universitas kedokteran Chicago. Laura mengatakan bahwa virus HIV/AIDS dan hepatitis akan lebih mudah menular pada pasangan jika ngeseks saat menstruasi.

2. pH atau tingkar keasaman area vagina yang rendah

Asam pada vagina berguna untuk membunuh bakteri yang berbahaya. Pada saat menstruasi tingkat pH atau keasaman vagina akan berkurang, jika saat itu hubungan seks dilakukan maka bakteri yang masuk ke vagina akan sulit dikendalikan dan lebih mudah menjangkiti.

3. Endometriosis

Meski tidak selalu tetapi jika wanita yang sedang menstruasi dan melakukan hubungan seks sampai mengalami orgasme maka akan menyebabkan terjadinya kontraksi yang kuat pada rahim. Saat kontraksi terjadi, darah kotor bisa masuk ke dalam tubuh melalui saluran telur dan menimbulkan endometriosis pada wanita.

4. Emboli

Saat penetrasi seks dilakukan kemungkinan akan terjadi gelembung udara. Ketika menstruasi kemungkinan ada pembuluh darah yang terbuka, jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah di area jantung akan berdampak berbahaya.

5. Tetap bisa hamil

Beberapa orang sengaja berhubungan seks saat menstruasi dengan alasan supaya istri tidak hamil. Ini tidak benar, beberapa wanita memiliki siklus menstruasi tidak teratur dan sangat singkat. Meskipun kemungkinannya kecil berhubungan seks saat menstruasi tetap bisa menyebabkan wanita hamil.

Demikian beberapa bahaya berhubungan seks saat menstruasi. Lebih baik selama masa tersebut, suami istri istirahat ngeseks ataupun jika tetap ingin, maka lakukanlah seks yang tanpa penetrasi misalnya dengan oral seks atau mengocok dan menggesek saja.