Berapa Ukuran Penis Normal?

Panjang penis kadang menjadi masalah bagi beberapa pria. Beberapa mitos berkembang berkaitan dengan ukuran penis. Sesungguhnya berapa ukuran penis yang normal?

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah LSM di Amerika terhadap pria dewasa di Singapura pada tahun 2000 menunjukkan ukuran panjang penis rata-rata sekitar 8 cm pada saat tidak ereksi, yang bertambah menjadi sekitar 12 cm pada saat ereksi. Ukuran lingkar penis sekitar 8,5 cm pada saat tidak ereksi dan sekitar 11 cm pada saat ereksi.

Penelitian itu juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara ukuran penis pria dan etnik Cina, India, dan Melayu, baik pada saat tidak ereksi maupun saat ereksi. Penelitian ukuran penis terhadap etnik Kaukasia yang dilakukan oleh Welles dan kawan-kawan pada tahun 1996 menunjukkan ukuran panjang rata-rata penis 8,8 cm dalam keadaan tidak ereksi dan menjadi 12,9 cm pada saat ereksi. Ukuran lingkarnya 9,7 cm dalam keadaan tidak ereksi dan menjadi 12,3 cm pada saat ereksi.

Dari data di atas tampak bahwa ukuran penis pada umumnya tidak terlalu jauh berbeda antar etnik. Data ini sekaligus membantah informasi yang salah, yang seakan-akan telah menjadi mitos bahwa etnik tertentu mempunyai ukuran penis yang luar biasa.

Apakah ukuran penis yang tidak sesuai harapan dapat mengakibatkan disfungsi ereksi?

Pada umumnya perasaan tidak sesuai harapan muncul karena membandingkan ukuran penisnya dengan penis orang lain, terutama dengan pemain film porno yang memang sengaja mengeksploitasi seks. Padahal secara fisik, sebenarnya ukuran penis tidak menentukan bagi fungsi ereksi dan fungsi seksual pada umumnya asal perkembangannya sudah mencapai tahap perkembangan yang normal.

Tetapi secara psikis tidak sedikit pria yang merasa ukuran penisnya kecil atau tidak sesuai dengan harapan, kemudian mengalami hambatan psikis yang mengakibatkan disfungsi ereksi. Hambatan psikis dapat berupa rasa rendah diri, rasa malu atau tidak percaya diri. Hambatan psikis terasa semakin kuat bila pasangannya memberikan reaksi yang semakin membenarkan bahwa ukuran penisnya tidak sesuai dengan harapannya juga.

This entry was posted in Kesehatan Pria and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Berapa Ukuran Penis Normal?

  1. someone in sby says:

    penisku pas ereksian pnjangnya kira” 11cm ._.

  2. ronny says:

    aku juga takut , kalau punyaku kecil. tapi saat tahu rata-rata 12 cm aku rasa aku nggak kekecilan. makasih ya. aku PD lagi

  3. Ilham says:

    Kalo ukuran penisku rata2 13,8cm…

  4. pandu says:

    klw ukuran penis gw
    panjang saat ereksi ny th 15 cm, pda saat tdk ereksi 8 cm, diameter tngah ny 5 cm.

  5. Henry says:

    Ukuran penis gw Sebelum ereksi: 6 Cm
    Sesudah ereksi:13,2 Cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *