Bisakah Infertilitas Disembuhkan?

Anda telah bertahun-tahun menikah dan sering bertanya mengapa istri anda tidak juga hamil? Akhirnya Anda ke dokter dan di diagnosa menderita ketidaksuburan atau infertil. Kini pertanyaan yang paling mendesak anda adalah apakah mungkin infertilitas disembuhkan?

Pertanyaan tersebut dapat dijawab: YA! Infertilitas mungkin dapat disembuhkan! Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya termasuk ketidaksuburan atau mandul.

Tapi, anda harus mengingat bahwa tidak ada satu metode pengobatan dalam bentuk apapun yang mampu menyembuhkan 100% populasi pasien dengan penyakit yang sama. Satu individu berbeda dengan yang lain sesuai dengan keinginan Sang Pencipta yang menciptakannya.

Akan tetapi, jangan berkecil hati karena dengan kemajuan teknologi di bidang kedokteran saat ini, khususnya dalam hal infertilitas, banyak penyakit yang menyebabkan ketidaksuburan (kemandulan) dapat diatasi. Sebanyak 50-60% penderita infertilitas terbukti berhasil memiliki anak setelah menjalani pengobatan selama 6¬9 bulan di klinik fertilitas. Dengan demikian, sikap optimis harus senantiasa dipertahankan.

Jika anda atau pasangan anda telah di diagnosa mengidap kemandulan atau infertil maka saatnya untuk bertindak positif, mencari tahu bagaimana mencari jalan keluarnya. Hal-hal yang paling penting dalam berhasil atau tidaknya pengobatan infertilitas antara lain:

  1. Ketepatan diagnosis penyebab infertilitas.
  2. Kondisi penyakit yang menjadi penyebab infertilitas.
  3. Usia pasien.
  4. Ketepatan metode pengobatan.
  5. Kepatuhan pasien dalam berobat.

Apabila semua hal tersebut telah dipenuhi, selanjutnya seluruh upaya tersebut bergantung pada kehendak Sang Pencipta. Hal yang harus selalu diingat adalah Anda, pasangan Anda, dan dokter yang mengobati hanyalah dapat berupaya, keputusan akhir tetap dimiliki oleh Sang Pencipta.

This entry was posted in Infertilitas and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *