Sistem Kalender adalah salah satu metode favorit yang sering digunakan pasangan suami istri yang ingin mencegah kehamilan atau menunda mempunyai anak. Banyak alasan mengapa orang mencegah kehamilan, bisa karena faktor ekonomi atau bisa juga karena ingin mengejar karir terlebih dahulu sebelum hamil dan melahirkan anak. Yang pasti dari sekian banyak cara agar tidak hamil setelah bercinta, maka sistem kalender inilah yang paling favorit.

Sebenarnya ada banyak metode mencegah kehamilan yang sering disarankan oleh para dokter dan bidan, mulai dari menggunakan kondom, pil, sampai dengan metode suntikan. Alasan mengapa orang menyukai sistem kalender adalah karena cara ini praktis dan alami. Meskipun tingkat keberhasilannya tidak seratus persen tapi cukup baik terutama jika siklus menstruasi istri teratur.

Yang dimaksud mencegah kehamilan dengan sistem kalender adalah melakukan hubungan seks saat istri sedang tidak subur. Kapan masa subur dan tidak subur itu terjadi tergantung pada siklus menstruasi istri. Oleh karena itu setiap pasangan suami istri perlu mengetahui kapan masa subur atau masa tidak subur terjadi. Menghitung waktu tidak subur istri akan lebih mudah jika siklus menstruasinya teratur dan normal.

Cegah kehamilan dengan sistem kalender

Mencegah kehamilan bisa dilakukan dengan sistem kalender

Siklus menstruasi disebut teratur jika haid tidak terputus selama 28 hari. Gunakan rumus 14+/- 1 hari menstruasi, sehingga masa subur wanita terjadi mulai dari setengah siklus menstruasi dikurangi satu sampai setengah siklus menstruasi ditambah satu hari. Pada siklus reguler 28 hari, maka masa suburnya adalah hari ke-13 sampai ke-15 sebelum haid berikutnya terjadi.

Pada sistem kalender, jangan sekali-sekali bercinta pada masa subur tersebut, karena istri sedang mengalami ovulasi yakni sel telur telah matang dan siap dibuahi jika bertemu sperma. Karena sperma dapat hidup selama tiga hari dalam rahim wanita maka lebih aman lagi jika tidak bercinta plus minus tiga hari saat istri memasuki masa suburnya.

Tingkat keberhasilan sistem kalender rata-rata adalah 80% artinya dua dari sepuluh pasangan akan gagal menerapkan metode ini. Sehingga jika anda ingin melakukan metode untuk mencegah kehamilan yang lebih akurat maka disarankan menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya ketimbang mengandalkan sistem kalender.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!