Saat usia sudah tidak muda lagi banyak hormon yang sedikit demi sedikit menyusut dan memperlambat regenerasi sel. Umumnya proses penuaan pada pria dimulai pada awal umur 40-an tahun dan pertengahan usia 30-an pada wanita. Masalahnya adalah tidak sedikit anak muda yang masih berusia 20-an dan bahkan remaja yang juga memiliki rambut putih. Kebanyakan orang mengatasi rambut uban dengan berbagai cara, ada yang mencabut ubannya dan ada pula yang memilih mengecat rambut supaya terlihat hitam lagi.

Cara mengatasi uban di usia muda

Cara mengatasi uban yang terlalu cepat tumbuh. Foto: okefood.com

Terdapat beberapa cara untuk menghitamkan rambut dan menghilangkan uban di kepala secara alami, sayangnya karena informasi yang kurang kadang membuat orang justru melakukan cara-cara yang tidak benar dan instan yang kadang malah memperparah kondisi rambut.

Mencabut uban misalnya, di kulit kepala terdapat banyak sekali syaraf yang berhubungan dengan tubuh maka tentu saja mencabut uban secara sengaja akan mempengaruhi syaraf-syaraf tersebut.

Begitu pula dengan mengecat rambut atau semir. Rambut bersifat unik artinya satu merek pengecat atau semir rambut akan menunjukkan efek yang berbeda pada orang yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum anda mengunakan cat rambut yang cocok untuk mengatasi uban di kepala anda, sebaiknya lakukan konsultasi kepada ahli perawatan rambut atau dokter kulit terpercaya.

Putu Oka, seorang ahli Akupuntur, mengatakan bahwa penyebab timbulnya uban di usia yang masih muda adalah kinerja paru-paru dan ginjal yang tidak optimal. “Ada masalah pada ginjal dan paru-paru atau bisa juga ada faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan uban di kepala, misalnya penggunaan minyak rambut, cat rambut, polusi dan jenis makanan tertentu,” ujar Putu Oka sebagaimana dikutip seksualitas.net dari tabloid Senior.

Penggunaan minyak rambut tidak hanya mengenai rambut saja tapi juga akan meresap ke dalam pori-pori kepala. Zat-zat kimia yang terkandung di dalam minyak rambut kadang membuat rambut tidak sehat dan menyebabkan kusut, gatal dan paling parah muncul uban. Putu Oka juga tidak menyarankan untuk mencabuti uban di kepala karena kulit kepala penuh dengan susunan syaraf.

Putu Oka menyarankan cara alami untuk mengatasi uban yang tumbuh terlalu cepat di kepala, diantaranya dengan akupresur, pijatan ringan di kepala, makanan sehat, olahraga dan meditasi. Dari sisi makanan, dia menyarankan untuk mengkonsumsi sumber makanan yang berkhasiat menguatkan ginjal serta paru-paru. Jika anda ingin menggunakan minyak rambut atau spray, gunakanlah jenis ramuan tradisional yang dapat menghitamkan rambut seperti daun bunga sepatu, kelapa hijau, biji pepaya dan biji kelapa, karena efeknya lebih jelas dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini beberapa cara alternatif mengatasi rambut uban di usia muda:

1. Pijatan Ringan Untuk Mengatasi Uban

Uban yang muncul sebelum waktunya dapat dicegah dengan teknik pijat akupresur. Putu Oka menunjuk sejumlah titik dalam teknik akupresur yang dapat memperbaiki kinerja ginjal dan paru-paru. Kerja ginjal dan paru-paru yang optimal akan mencegah tumbuhnya uban sebelum waktunya.

Berikut ini sejumlah titik akupresur untuk mengatasi uban pada rambut:

  1. Titik ginjal 1 di telapak kaki bagian tengah
  2. Titik ginjal 3 di sebelah atas mata kaki
  3. Titik paru-paru 1 di dada
  4. Titik paru-paru 5 di lipat siku bagian dalam segaris dengan jempol
  5. Titik paru-paru 7 di pergelangan tangan
  6. Titik meridian kandung kemih 23
  7. Titik meridian kandung kemih 13 di puncak tulang belikat, 2 jari lebar kiri dan kanan

2. Jenis Makanan Untuk Mengatasi Rambut Beruban Terlalu Cepat

Makanan yang disarankan bagi mereka yang tidak ingin beruban ketika usia masih muda adalah jenis makanan yang berkhasiat menguatkan ginjal dan paru-paru contohnya adalah daun pegagan. Makanan yang bergizi memang adalah salah satu cara menghambat pertumbuhan uban. Makanan yang umumnya bersifat sayuran bisa dikonsumsi secara tunggal atau sebagai campuran.

Berbagai jenis sumber pangan yang baik bagi kesehatan rambut adalah:

  • Jus wortel
  • Jus wortel dan bayam ditambah wijen
  • Jus melon dan aneka buah yang mengandung vitamin C
  • Daun Plantago (ki urat)
  • Daun Pegagan

Sebaliknya ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena tidak baik bagi ginjal dan paru-paru. Putu Oke mengistilahkan makanan tersebut bersifat “dingin”, yaitu:

  • Kacang hijau
  • taoge
  • Selada
  • Sawi-sawian
  • Sirsak
  • Duku
  • Lidah buaya
  • Santan
  • Berbagai makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula dan bahan kimia.

Tidak lupa Putu Oka menyarankan pemakaian sampo yang mengandung bahan alami dan tidak terlalu banyak mengandung soda untuk mengatasi uban. Selama ini orang menganggap sampo yang baik adalah yang banyak busanya, padahal banyak busa berarti banyak soda dan justru tidak sehat untuk rambut dan dapat menyebabkan munculnya uban di kepala meskipun usia masih muda. Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi masalah uban atau rambut putih di kepala, selamat mencoba.