Ciuman adalah ungkapan atau ekspresi cinta dan sayang kepada seseorang. Berciuman dilakukan dalam berbagai jenis dan cara, ada ciuman sayang, ciuman penuh gairah dan ciuman persahabatan. Semua jenis ciuman tersebut tergantung pada jenis hubungan dan keintiman dengan orang yang dicium.

Salah satu jenis ciuman yang paling terkenal dan disukai banyak orang adalah ciuman Perancis atau biasa juga disebut French Kiss. Jenis ciuman yang satu ini sering dilakukan oleh orang-orang dewasa dimana kedua pihak yang berciuman saling membuka mulut dan menyentuhkan lidah masing-masing. Tidak diketahui jelas mengapa ciuman ini disebut French Kiss (Ciuman Prancis) tapi semua orang sepakat bahwa pengambilan nama Perancis adalah untuk menghormati kota para pecinta, yakni Paris.

Ciuman Perancis atau French Kiss ini barangkali adalah jenis ciuman paling terkenal terutama di kalangan orang-orang yang berpacaran. French kiss cukup mudah dilakukan tapi bisa makan waktu bertahun-tahun untuk menguasainya. Tanpa latihan dan pengalaman, anda bisa kehabisan nafas atau mungkin salah menggigit lidah pasangan.

Berikut ini 10 tips melakukan French Kiss yang patut anda ketahui:

  1. Pastikan bahwa waktu dan mood sudah tepat.
  2. Santai! Ambil napas dalam-dalam dan lepaskan ketegangan di leher dan bahu.
  3. Letakkan lengan Anda di sekitar orang yang Anda ingin cium
  4. Mulailah dengan ciuman normal, tidak keras dan tidak agresif. Anda bisa menutup mata untuk menikmati sensasi yang timbul.
  5. Pada pertengahan ciuman, buka mulut anda dengan lembut kemudian sentuhkan lidah anda ke mulut pasangan anda secara perlahan.
  6. Sekali lagi, jangan terlalu agresif, gerakkan lidah Anda di dalam mulut pasangan anda dan secara perlahan menyentuh lidah pasangan.
  7. Baca bahasa tubuh pasangan anda, jika dia tampak tegang atau belum siap, hentikan apa yang Anda lakukan.
  8. Jika pasangan anda juga membuka mulut dan memberi respon, terus lakukan ciuman anda dengan lebih bergairah.
  9. Jangan lupa menelan air liur anda sendiri. Sinkronkan dengan laju pernafasan agar anda tidak sesak ketika berciuman.
  10. Pastikan Anda menjaga lidah Anda tetap santai.

Jika anda pria, mencium seorang wanita membutuhkan ketenangan dan keterampilan tersendiri. Jangan grasak grusuk, terlalu bernafsu, dan tergesa-gesa karena wanita tidak senang di jadikan objek. Ciuman yang disukai para wanita adalah ciuman yang bisa membuat mereka nyaman.

Berikut ini beberapa tips tambahan yang harus anda perhatikan ketika berciuman ala Prancis (French Kiss):

  • Jangan lupa bernapas. Tarik nafas dan keluarkan perlahan dari hidung. Nafas yang tidak teratur kadang menimbulkan suara yang mengganggu ketika berciuman.
  • Jaga kesehatan gigi dan mulut sehingga tidak mengeluarkan bau yang mengganggu. Sebelum berciuman anda bisa juga mengunyah permen untuk mengurangi aroma yang tidak sedap.
  • French kiss disebut juga ciuman basah (wet kiss) karena itu mulailah berciuman dengan bibir yang kering, jangan terburu nafsu menjilat dan mencium menggunakan lidah.
  • Anda masih bisa berciuman French Kiss meski salah satu dari Anda menggunakan kawat gigi. Hati-hati dan jangan terlalu kuat ketika berciuman.
  • Berciuman ala Prancis membutuhkan latihan. Keterampilan melakukan French kiss muncul dari pengalaman.

Dari hasil penelitian diketahui setidaknya ada 8 manfaat berciuman bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah menguatkan otot jantung dan menurunkan tekanan darah. Lakukan French kiss dengan gairah dan rasa yang dipenuhi cinta. Ciuman dengan cinta akan membangkitkan semangat dan mengaktifkan hormon-hormon kebahagiaan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.