Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang selain berguna untuk mencegah kehamilan juga bermanfaat untuk mencegah penularan Penyakit Menular Seksual (PMS). Kondom boleh dikata adalah alat kontrasepsi tertua yang pernah diciptakan manusia, dari sejarahnya manusia telah mengenal kondom sejak seribuan tahun yang lalu.

Jenis kondom dari jaman ke jaman berubah-ubah, awalnya kondom terbuat dari kulit hewan dan bisa digunakan berkali-kali, saat ini ada kondom dibuat plastik ada pula dari karet. Bahkan beberapa kondom khusus dibuat dengan aneka bau-bauan dan bentuk yang bermacam-macam.

Ukuran kondom bervariasi tetapi rata-rata panjangnya 15 sentimeter dengan diameter sekirar 5 cm. Kondom dijual dengan jenis reguler, large dan extralarge untuk membedakan ukuran masing-masing kondom. Setiap pria harus tahu jenis kondom yang cocok dengan ukuran penisnya.

Jika ukuran penis anda termasuk besar di bagian kepala penis, pastikan anda menggunakan kondom berukuran extralarge. Salah memilih kondom bisa membuat kondom robek saat digunakan. Dan jika penis anda termasuk berukuran kecil pilihlah kondom reguler, anda tidak perlu khawatir dengan panjang kondom karena sifatnya yang elastis, kondom bisa di tarik tanpa robek.

Yang penting adalah ukuran lebar kondom yang harus pas dengan ukuran lebar penis. Jika kondom kekecilan bisa robek dan jika kebesaran bisa lepas. Oleh karena itulah, penting untuk memilih kondom dengan ukuran yang fit dengan diameter penis.

Rata-rata ukuran penis normal orang Asia berdiameter 52 millimeter. Sementara orang Eropa, Amerika, Afrika dan Timur Tengah memiliki ukuran diameter yang mirip yaitu sekitar 53 mm. Ukuran diameter penis terbesar dimiliki oleh orang-orang Rusia yaitu 56 mm.

Sebaiknya cobalah beberapa jenis kondom dari berbagai ukuran untuk memastikan kondom yang mana yang cocok dengan penis anda. Pastikan juga kondom yang dipilih tidak menimbulkan alergi pada pasangan wanita.