Pacaran lama ujung-ujungnya cekcok dan putus. Ada yang putus baik-baik ada juga yang putus diam-diam, ada juga yang putus karena pihak ketiga. Sebaiknya jika masih bisa memilih, carilah cara agar pisa memutuskan pacar secara baik-baik.

Bagi anda yang merasa tidak cocok lagi dengan pacar atau ingin berpisah, lebih baik utarakan secara dewasa. Tidak usah mencari cara yang tidak baik misalnya berpacaran dengan orang lain atau bilang putus lewat sms. Hal tersebut justru membuat sang pacar merasa marah dan terhina.

Jika anda ingin putus dengan pacar tapi tidak tahu caranya, dibawah ini beberapa tips dari majalah online seksualitas.net cara praktis memutus hubungan cinta secara baik-baik:

Jujur
Dengan jujur berarti anda berusaha menjaga perasaan pacar anda, apalagi jika hubungan anda sudah sangat lama. Anda bisa jujur mengungkapkan perasaan Anda yang sesungguhnya kepada pasangan Anda. Bersikaplah dewasa dan bicarakan masalah tersebut dengan baik-baik agar pasangan Anda tidak tersakiti.

Kita bisa menjadi teman
Kenapa tidak? Setiap orang pasti sulit bisa tetap membina hubungan baik dengan mantan kekasih, apalagi menjadikannya sebagai tempat curahan hati atau curhat. Walaupun sulit, beberapa orang nyatanya berhasil mengubah status pacaran menjadi sahabat.

Jangan merasa terlalu bersalah
Mengampuni diri sendiri dan orang lain itu perlu, sebab jika tidak kita akan di hinggapi rasa bersalah terus menarus. Jika Anda sudah berani mengungkapkan perasaan Anda yang sesungguhnya, maka Anda pun harus berani mengambil risiko. Anda juga tidak perlu merasa bersalah, karena cepat atau lambat hal ini akan terjadi.

Jangan putuskan kekasih Anda di tempat umum
Anda sebaiknya jangan memutuskan hubungan dengannnya di tempat umum, karena bisa saja dia kaget dan tidak menerima keputusan tersebut. Pilihlah tempat nyaman, yang tidak seorang pun bisa mengganggu Anda berdua.

Tinggalkanlah dia selagi Anda ingin meninggalkannya
Lebih baik Anda meninggalkannya saat ini daripada kelak dia semakin berharap kepada Anda. Mungkin inilah cara yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik.

Jangan sampai terjadi perkelahian
Memang hal terburuk bisa saja terjadi dan Anda pun harus mengantisipasinya terlebih dahulu. Hindarilah perkelahian dan bicarakan masalah tersebut dengan kepala dingin. Anda harus bisa meyakinkan hatinya agar bisa menerima kenyataan bahwa Anda bukan kekasihnya lagi.

Beri sedikit waktu kepadanya untuk mengungkapkan isi hati
Setelah Anda mengungkapkan perasaan Anda sesungguhnya, Anda juga harus memberi kesempatan kepadanya untuk mengungkapkan isi hatinya. Anda jangan mementingkan perasaan pribadi dan yakinkan kepada pasangan Anda bahwa dia bisa menemukan pasangan yang lebih cocok.

Jadi jangan sampai kita memutus pacar tapi hubungan kita dengan dia juga putus atau hancur atau malah menjad musuh. Jangan Sampai seperti itu karena memutus hubungan tali persaudaraan itu dosa besar. Kesimpulannya, putus ya putus tapi hubungan pertemanan jangan sampai ikut putus.

Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa hubungan percintaan bisa berubah menjadi persahabatan, selama anda berdua memiliki niat baik maka anda pasti bisa melewati saat-saat yang tidak mengenakkan setelah putus cinta. Mudah-mudahan tips memutuskan hubungan cinta dengan pacar di atas sedikit bisa memberi anda ide-ide lain, agar hubungan silaturahmi dengan mantan tetap terjaga.