Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan atau Tespek

Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan (Test Pack)

Ada beberapa cara mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak, diantaranya dengan memperhatikan tanda-tanda fisik yang berubah atau juga melalui pemeriksaan laboratorium.

Pada dasarnya tanda dan ciri wanita hamil bisa diketahui dengan melihat bentuk fisiknya. Tetapi untuk memastikan kehamilan tersebut perlu di lakukan tes. Tes kehamilan bisa dilakukan di laboratorium atau dilakukan sendiri menggunakan tespek atau alat tes kehamilan.

Alat tes kehamilan atau test pack banyak di jual di toko dan apotik. Ada banyak merk test pack yang bisa dipilih tapi yang perlu diperhatikan adalah pastikan anda membaca petunjuk, cara penggunaaan dan keakuratan alat tes kehamilan tersebut sebelum di gunakan.

Perlu diketahui bahwa meskipun alat tes kehamilan memiliki kemampuan untuk mendeteksi hCG (hormon kehamilan), tetapi kemampuan untuk mendeteksi hormon ini tergantung pada seberapa banyak anda memproduksi hCG saat melakukan tes.

Waktu yang tepat melakukan tes kehamilan:

Bervariasi tergantung pada merk alat tes kehamilan yang Anda pilih tapi meski demikian sebagian besar produsen alat tes kehamilan menganjurkan wanita-wanita melalukan tes terhadap urin di pagi hari karena urin pagi biasanya mengandung hCG yang lebih tinggi dibanding di waktu-waktu yang lain.

Cara Penggunaan alat tes kehamilan:

Pada umumnya semua produk sudah memiliki aturan cara penggunaan masing-masing produk tapi untuk lebih jelasnya. berikut ini 14 langkah mudah bagaimana cara menggunakan alat tes kehamilan (tespek) yang benar.

1. Beli alat tes kehamilan di toko.

Belilah di supermarket atau di toko besar karena kemungkinan ada banyak variasi merk yang bisa anda pilih. Pastikan alat yang anda beli masih baru dan bukan stok lama.

2. Hati-hati saat memegang alat tes kehamilan.

Periksa tanggal kadaluwarsa dan pastikan masih berlaku. Periksa kondisi alat tersebut, lebih baik beli yang baru jika anda curiga kondisinya sudah tidak bagus.

3. Baca petunjuk penggunaan.

Jika Anda sudah siap melakukan pengujian kehamilan, pertama baca petunjuk dengan hati-hati karena ada kemungkinan cara pemakaian berbeda antara satu alat tes dengan alat tes lainnya. Jika Anda bingung cek nomor telpon bebas pulsa pada segel alat tersebut dan telpon untuk mencari info detail ke custumor support mereka.

4. Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

5. Lepaskan alat uji dari pembungkusnya.

6. Duduklah di toilet.

7. Gunakan wadah.

Tergantung pada alat tes yang anda beli. Anda harus buang air kecil pada wadah tertentu atau langsung buang air ke alat tes kehamilan tersebut. Beberapa alat tes kehamilan memberi anda pilihan bagaimana mengumpulkan urin anda.

Urin terbaik untuk di tes adalah urin bagian tengah ketika anda buang air kecil. Berarti anda harus mengeluarkan sedikit urin pertama, dan kemudian menggunakan sisa urin anda untuk ujian.

Jika alat tes kehamilan tersebut mengharuskan Anda untuk buang air langsung ke alat tersebut, tempatkan sisi ujung penyerap dari alat tes dalam aliran urin Anda dengan “petunjuk hasil” menghadap ke atas dan buang air kecil di atasnya selama 5-10 detik

8. Jika Anda telah mengumpulkan urin Anda ke dalam wadah, gunakan pipet yang disediakan dan celupkan ke wadah cangkir tersebut. Jika alat tes tersebut tidak menyediakan pipet maka celupkan alat tes kehamilan ke dalam wadah selama 5-10 detik .

9. Tempatkan alat tes dengan petunjuk hasil menghadap ke atas.

Tunggu beberapa saat sampai ada hasil yang muncul (bisa 4:59 menit – beberapa alat tes kehamilan membutuhkan waktu hingga 10 menit untuk hasil yang akurat). Anda harus sedikit sabar saat memakai tes pack dan jika perlu lakukan berulang-ulang untuk memastikan hasilnya.

10. Perhatikan daerah kontrol pada alat.

Seharusnya daerah control menjadi lebih gelap ketika urin melewatinya. Sebagian besar daerah kontrol akan menampilkan garis atau simbol tertentu untuk menunjukkan bahwa tes tersebut valid. Jika indikator ini pada daerah kontrol tidak muncul, sangat mungkin alat tes anda tidak valid atau tidak berfungsi baik.

11. Setelah beberapa waktu, cek hasil tes.

Jika Anda hamil, anda akan melihat garis merah muda atau biru, tanda plus atau minus merah, perubahan warna, atau kata-kata hamil atau tidak hamil. Perlu diingat bahwa tes yang berbeda dapat menampilkan hasil yang berbeda, jadi pastikan anda sudah membaca petunjuk bentuk atau simbol apa yang harus anda cari.

12. Jika tes menunjukkan hasil negatif tapi anda tidak mendapatkan menstruasi, ulangi tes selama beberapa hari untuk memastikan bahwa anda tidak mendapat hasil negatif yang palsu. Karena jumlah hCG meningkat cepat ketika anda hamil, anda kemungkinan mendapatkan hasil positif  beberapa hari ke depan.

13. Jangan menganggap hasil negatif berarti anda tidak hamil (terutama jika anda melakukan tes sebelum 7 hari setelah siklus menstruasi anda). Jika, setelah menunggu seminggu dan Anda masih belum mendapatkan menstruasi ataupun hasil tes yang positif, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi.

14. Jika Anda menerima hasil tes positif, segera kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan medis untuk hasil yang lebih akurat.

Ada beberapa pengecualian untuk wanita dengan siklus menstrusi tidak teratur sebab terkadang alat tes kehamilan menunjukkan hasil yang negatif padahal pembuahan mungkin saja sudah terjadi. Perlu diketahui bahwa wanita dengan siklus menstruasi teratur lebih mudah mengalami kehamilan.

Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter jika anda mendapat hasil negatif saat tes kehamilan tetapi tidak mengalami menstruasi. Demikian sekilas informasi bagaimana cara menggunakan alat tes kehamilan yang benar, semoga bermanfaat.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download Disini!