Banyak orang yang beranggapan bahwa gairah seks muncul secara alami. Tapi fakta berbicara lain, dalam semua budaya besar di dunia ada banyak jenis afrodisiak atau pembangkit gairah seks yang merupakan bukti bahwa manusia sejak dulu begitu memperhatikan seni kehidupan seksualnya.

Kesemua jenis afrodisiak yang terdiri dari tumbuh-tumbuhan, rempah-rempah, buah-buahan dan bagian tertentu dari hewan digunakan untuk membangkitkan gairah seks dan meningkatkan stamina agar bisa melakukan seks dengan sempurna.

Fenugreek adalah salah satu ramuan herbal yang dianggap sebagai tanaman yang memiliki fungsi penyembuhan dan afrodisiak. Fenugreek adalah tanaman yang mudah tumbuh dimana saja meskipun ditanam di tanah yang kering. Fenugreek berasal dari wilayah Mediterania, dan telah lama di bumidayakan di Cina, Indoa, maroko dan Turki untuk keperluan pengobatan dan kuliner. Istilah botani Fenugreek adalah Trigonella foenicum-graecum.

Dilihat dari sejarahnya, tanaman Fenugreek telah lama dikenal. Bukti arkeolog menunjukkan bahwa orang Mesir kuno menggunakan ramuan ini tidak hanya sebagai obat dan makanan tapi juga untuk digunakan dalam proses pembalseman mumi.

Orang Yunani kuno dan Romawi juga menyadari sifat penyembuhan dan sifat afrodisiak dari tanaman fenugreek ini. Dalam pengobatan herbal tradisional Cina dan India, fenugreek dianggap sebagai obat untuk menyembuhkan batuk, penyakit hati, pencernaan dan tentu saja sebagai zat afrodisiak.

Kepercayaan di Cina menyebutkan bahwa dasar utama agar fungsi seksual tetap sehat adalah ginjal harus tetap sehat juga dan apa-apa saja yang bisa menjaga kesehatan ginjal akan memberikan kontribusi yang baik bagi kehidupan seks. Disinilah letak keunggulan tanaman fenugreek yang dianggap sebagai afrodisiak di China karena kemampuannya memperbaiki fungsi ginjal.

Sebagai herbal, fenugreek tidak hanya memiliki berbagai vitamin seperti A B2, B1, B3, B5, B6, B15, B17, C, D, E, H, kolin, asam folat, inositol tapi hampir semua mineral penting seperti kalsium, kromium, iodin , besi, magnesium, mangan, molibdenum, fosfor, potasium, selenium, silikon, natrium, belerang, seng. Ramuan fenugreek juga mengandung protein sebanyak 30-36% dengan semua asam amino esensial.

Fenugreek telah dianggap sebagai zat antioksidan paling kuno yang dikenal manusia. Nilai gizi, vitamin dan mineral yang dikandungnya dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan tubuh yang sehat maka vitalitas seks dapat tetap terjaga.

Penyelidikan modern terhadap unsur kimia yang dikandung fenugreek mengungkapkan bahwa fenugreek memiliki banyak zat yang dapat meningkatkan hasrat seksual atau mengoptimalkan efek hormon seks dalam tubuh. Beberapa senyawa kimia tersebut adalah trimetilamina dan diosgenin yang merupakan senyawa steroid yang berfungsi memfasilitasi sistesis dari banyak hormon dalam tubuh.

Fenugreek tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena zat yang dikandung dapat merangsang kontraksi pada rahim. Ramuan ini juga dapat mengganggu penyerapa zat besi dan karenanya tidak bleh dikonsumsi oleh penderita anemia, orang yang mengkonsumsi obat pengencer darah. Mengkonsumsi fenugreek secara berlebih mengakibatkan diare, dan mual-mual.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!