Sebagian besar orang beranggapan bahwa tanda awal kehamilan hanyalah haid yang terlambat, padahal ada banyak ciri-ciri wanita hamil lain yang bisa jadi merupakan pertanda kehamilan, yakni mual, perubahan bentuk payudara, sering buar air kecil dan munculnya flek-flek atau bercak darah yang mirip darah haid.

Flek Mirip Haid Tanda Kehamilan

Flek Mirip Haid Tanda Kehamilan

Flek tersebut terjadi ketika embrio menempel di uterus atau dinding rahim yang menimbulkan perdarahan atau implantasi. Jumlah flek tersebut lebih sedikit dari darah haid. Perdarahan yang menimbulkan flek tersebut biasanya terjadi di 8-10 hari setelah pembuahan, atau lebih awal beberapa hari dari siklus datangnya haid.

Keluarnya flek dan bercak darah biasanya diikuti dengan kram di perut. Kram yang dirasakan tersebut akan muncul reguler sampai dengan masa kehamilan trisemester kedua. Sebagian besar wanita tidak bisa membedakan tanda kehamilan dengan adanya flek ini dengan haid. Karena itu setiap calon ibu harus mengetahui tanggal pertama haid setiap bulan untuk memastikan usia kehamilan.

Perdarahan tersebut biasanya terjadi sekitar satu minggu sebelum siklus menstruasi dimulai atau seminggu setelah ovulasi. Banyak wanita yang menyebutnya bercak atau flek berwarna hitam atau coklat, jumlahnya sangat sedikit sehingga sebagian besar wanita tidak akan menyadari mengalami perdarahan implantasi.

Perlu dipahami bahwa perdarahan akibat implantasi tersebut tidak akan menjadi darah segar, pada umumnya warna darah menjadi coklat gelap atau bahkan hitam. Perdarahan implantasi merupakan hasil dari telur yang tertanam dalam lapisan endometrium rahim. Perdarahan tersebut terjadi pada hampir semua kehamilan tetapi tidak semua wanita akan mengalami perdarahan. Antara 20-30% wanita mengalami bercak yang merupakan pertanda awal kehamilan.

Banyak wanita yang menanyakan apakah melekatnya embrio dapat dirasakan dan apakah ada gejala khusus yang menandakan embrio telah menempel. Tidak ada kesepakatan antara para ahli mengenai apakah implantasi dapat dirasakan atau tidak. Beberapa wanita mengatakan mereka dapat merasakannya tetapi wanita lain menyebut sama sekali tidak merasa gejala khusus.

Perdarahan karena implantasi bisa jadi merupakan salah satu tanda awal kehamilan pada sekitar 30% wanita hamil. Telur yang berhasil dibuahi di tuba fallopi akan menuju rahim (uterus) dan melekat ke lapisan rahim. Ketika hal tersebut terjadi, jaringan yang terbentuk di sekitar telur yang dikenal sebagai trofoblas dapat merusak beberapa pembuluh darah ibu di dalam rahim, dan menghasilkan sedikit perdarahan di leher rahim dan keluar melalui vagina sebagai flek atau bercak. Kadang-kadang, flek hitam sebelum haid tersebut berlangsung selama satu sampai dua hari.

Flek atau pendarahan implantasi akan berhenti sendiri dan tidak memerlukan pengobatan. Tetapi jika perdarahan berlanjut atau anda merasa khawatir tentang perdarahan pada vagina selama kehamilan, hubungi dokter untuk konsultasi.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!