Dengan semakin canggihnya era tekonologi dan internet saat ini membuat tingkat kejahatan seksual juga semakin meningkat, salah satunya adalah penyebaran foto-foto bugil ke publik melalui internet. Umumnya pelaku menyebarkan foto tersebut ke Facebook untuk membuat malu korban. Begitu pula yang dialami seorang mahasiswi Akper Makassar yang harus menahan malu karena foto bugilnya disebarkan mantan pacarnya sendiri ke facebook.

Foto bugil mahasiswi Akper Makassar beredar di Facebook.

Foto bugil mahasiswi Akper Makassar beredar di Facebook.

Mahasiswi semester sembilan Akper (Akademi Keperawatan) Makassar ini adalah korban dari Amr, 27 tahun yang tidak lain adalah mantan pacar korban sendiri. Pelaku yang sakit hati kepada korban akibat cintanya diputus akhirnya nekat menyebar foto telanjang korban melalui media sosial.

Pelaku yang saat ini bekerja sebagai konsultan proyek di Makassar itu akhirnya diamankan oleh petugas dari Polsek Tamalate pada hari selasa kemarin, 2 Oktober 2012. Amr dilaporkan oleh korban sebagai pelaku penyebaran foto bugilnya di Facebook dan di BBM. Di kedua jejaring sosial tersebut, korban yang juga seorang mahasiswi Akper tersebut tampak bugil alias tidak mengenakan satu lembar pakaianpun.

Kompol Amiruddin, Kapolsekta Tamalate mengatakan kalau pelaku akan dijerat dengan Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) dan terancam dengan hukuman penjara maksimal enam tahun. Tetapi, meskipun pelaku telah dipenjara, foto-foto bugil korban yang terlanjur beredar di internet tidak mungkin lagi ditarik kembali. Karena itu semua orang terutama wanita harus menyadari supaya tidak bugil di depan kamera, apalagi memberi seseorang, meski dia pacar sendiri foto bugil.

Sebelum kasus foto bugil mahasiswi Akper Makassar ini mencuat, kasus serupa sudah sangat sering terjadi. Seperti yang dialami oleh seorang mahasiswi Akper di Bekasi, Jambi dan Palembang. Rata-rata kasusnya sama yaitu memberi pacar foto bugil kemudian setelah putus, si mantan mengupload foto itu ke Facebook.

Tentu saja berita seorang anak Akper Makassar bugil beredar dengan cepat di media sosial baik itu di BBM, twitter maupun di Facebook. Bisa dibayangkan bagaimana jika setiap hari ada ribuan orang yang mendownload foto tersebut dan menikmatinya, hanya karena ulah usil seorang mantan pacar.