Mungkin terasa aneh bagi kita-kita yang ada di Indonesia, tapi ini realitas, sekitar 1.500 orang tanpa kain alias telanjang bulat berdiri dan foto bugil bersama di depan umum. Lokasi kejadian ini adalah di negara Perancis yang memang tergolong negara bebas.

Foto bugil massal

Foto bugil massal di Perancis

Orang yang berada di belakang aksi foto bugil massal tersebut adalah Spencer Tunick, seorang artis asal New York yang punya hobby nyeleneh yaitu mengumpulkan orang untuk difoto bersama dalam keadaan telanjang bulat.

Jangan bilang tidak ada yang mau, bahkan pesertanya ribuan dan membludak. Kegiatan Tunick melakukan foto bugil massal tersebut bukan hal baru. Sebelum di Perancis, Tunick sudah pernah menyelenggarakan kegiatan yang sama di kota Barcelona, Montreal, Helsinki dan Melbourne dan Jerman.

Dibandingkan acara-acara sebelumnya, foto bugil massal di Perancis termasuk minim peserta. Di kota Barcelona peserta foto bugil mencapai 7.000 orang, di Chile 4.000 orang, Melbourbe 4.500, Helsinki 2.000 peserta dan di Melbourne 4.500 orang.

Sebagai catatan peserta foto bugil massal yang diselenggarakan Spencer Tunick ini tidak hanya diikuti oleh warga Perancis saja, melainkan banyak dari negara-negara lain di Eropa. Bahkan seorang foto model terkenal asal Inggris juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.Di Perancis, penyelenggaraan foto telanjang ini dilaksanakan di kota Lyon. Pesertanya adalah pria wanita dari beragam usia. Mereka diwajibkan berpegangan tangan selama sesi foto berlangsung. Acara dimulai jam 4 sore ketika semua peserta telah siap dan kamera telah terpasang di banyak sudut.

Dikutip dari kantor berita BBC, tema foto bugil massal kali ini adalah mengenai pertemuan dua anak sungai Rhone dan Saone. Dalam pikiran Tunick, kedua anak sungai tersebut seperti kaki seorang wanita. Maka jadilah sebanyak 1.500 orang tidur di atas rumput dalam keadaan bugil merapatkan kedua kaki dan mengangkatnya tinggi-tinggi ke atas (lihat gambar).

Berdasarkan informasi dari orang dekat Tunick, disebutkan bahwa semua foto-foto tersebut akan dipamerkan dalam sebuah festival kesenian pada bulan November 2012 nanti. Meskipun terjadi banyak penolakan di masyarakat Perancis terutama dari kalangan Katolik, kegiatan foto bugil massal ini terbilang sukses dan tertib. Festival foto ini sekaligus semakin mengibarkan nama Spencer Tunick sebagai seniman foto bugil dunia.

Foto Bugil di Israel

Sukses di Perancis dan diberbagai negara di dunia, Spencer Tunick akhirnya membuat proyek foto bugil massal di Israel. Acara tersebut terbilang sukses meskipun mendapat sorotan dari banyak pihak terutama dari para politisi yahudi ortodoks Israel.

Di acara tersebut, Tunick berhasil mengumpulkan 1.000 orang lebih relawan untuk berfoto bugil di laut mati. Acara pengambilan foto dilakukan pada hari sabtu dimana sebagian besar warga Israel sedang berada di rumahnya, dan lokasi pemotretan di rahasiakan sampai hari-hari terakhir.

Acara foto bugil tersebut berlangsung selama dua jam dan bisa disebut tanpa gangguan apa-apa. Dan para relawan pun bebas berenang dan mengapung di laut mati dalam keadaan bugil kemudian difoto oleh Spencer Tunick. Selama sesi foto berlangsung, peserta tampak nyaman dan terlihat sangat menikmati festival tersebut.

Entah kebetulan atau tidak, acara pemotretan berlangsung di laut mati yang berada tidak jauh dari fosil kota Sodom dan Gomorroah yang terkenal dalam kitab suci orang Yahudi. Kota Sodom dan Gomorroah terkenal di dalam kitab suci sebagai kotanya kaum gay yang kemudian tenggelam oleh bencana.

Acara pengambilan foto bugil tersebut menurut Spencer Tunick sendiri sebagai gerakan untuk menyelamatkan lingkungan disekitar laut mati. Menurut beberapa ahli, laut mati terancam kekeringan pada tahun 2050 akibat adanya penyusutan dasar laut setiap tahunnya. Proyek foto bugil tersebut merupakan salah satu gerakan mendorong pemerintah Israel melakukan sesuatu terhadap laut mati.

Barangkali Spencer Tunick bisa melakukan proyek foto bugil massal di negara-negara maju seperti Prancis dan Jerman, tapi kecil kemungkinan dia akan berhasil melakukannya di negara-negara Timur seperti Indonesia.

Berikut ini video foto bugil massal di Israel di kutip dari Youtube.