Prostat adalah salah satu organ seks pria yang berukuran seperti buah kenari dan terletak di bawah kandung kemih. Di dekat prostat terdapat saluran uretra yang bertugas sebagai saluran urin keluar dari tubuh dari kandung kemih. Karena posisinya yang berdekatan dan kadang menghimpit uretra, gejala gangguan pada prostat selalu menunjukkan ciri yang sama dan berhubungan dengan aliran urin. 

Jenis gangguan pada prostat

Gejala gangguan pada prostat ada tiga yaitu pembesaran prostat, prostatitis dan kanker prostat.

Setidaknya ada tiga jenis gangguan prostat yang umum dialami oleh pria yaitu pembesaran prostat, prostatitis dan kanker prostat. Prostatitis adalah satu-satunya gangguan prostat yang biasa terjadi pada pria muda, gangguan lainnya umum dialami oleh pria berusia 50 tahun ke atas.

Jika belakangan ini anda merasa keinginan untuk buang air kecil berubah seperti anda jadi lebih sering bangun tengah malam karena desakan kencing yang sulit ditahan, atau bahkan jika anda merasa sakit saat kencing, maka itu adalah tanda telah terjadi gangguan pada prostat.

Jenis gangguan belum bisa diketahui, sebab gangguan pada prostat selalu menunjukkan gejala yang sama. Biasanya setelah penderita memeriksakan diri ke dokter baru diketahui jenis gangguan yang dialami. Tetapi jika gejala tersebut dialami oleh pria yang berusia muda, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah prostatitis.

Lokasi Prostat

Kelenjar prostat berada tepat di bawah kandung kemih, di belakang tulang kemaluan dan tepat di depan rektum. Prostat membungkus di sekitar uretra yang merupakan tabung yang membawa urin dari kandung kemih menuju keluar dari penis. Di bagian bawah prostat terdapat bagian yang berhubungan dengan uretra yang bertanggung jawab mengontrol aliran urin. Itulah sebabnya mengapa perubahan yang terjadi pada prostat akan mempengaruhi aliran urin.

Prostat berfungsi untuk memproduksi cairan berwarna putih yang disebut semen atau air mani. Cairan ini akan membawa sperma keluar dari penis sekaligus menjadi nutris bagi sperma.

Lokasi prostat di bawah kandung kemih

Lokasi prostat di bawah kandung kemih

Karena lokasi yang tersembunyi dan ukurannya yang kecil, kondisi prostat secara fisik hanya bisa diketahui melalui uji rektal digital. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter untuk mengetahui apakah terjadi pembesaran, infeksi atau muncul benjolan perubahan tekstur pada prostat.

Fungsi Prostat

Prostat membantu mengontrol aliran urin. Selama aktivitas seksual, vesikula seminalis yang melekat pada prostat menghasilkan protein yang bercampur dengan cairan prostat sehingga terbentuklah air mani. Tabung dari testis akan membawa sperma dari testis ke prostat di mana sperma akan bercampur dengan air mani. Cairan ini akan keluar melalui uretra saat ejakulasi terjadi.

Kebanyakan pria akan mengalami masalah pada prostat setidaknya sekali dalam hidup mereka. Umumnya pria di atas 50 tahun akan mengalami pembesaran prostat atau mungkin juga kanker prostat. Prostat sesungguhnya terus mengalami pembesaran, tetapi pembesarannya sangat lambat setelah usia mencapai 25 tahun. Beberapa dokter menyebut pembesaran prostat adalah bagian dari proses penuaan.

Seiring dengan bertambahnya usia, prostat yang kecil itu bisa menjadi sumber derita kaum pria, apalagi jika terjadi infeksi atau terkena penyakit seperti kanker. Gejala gangguan pada prostat yang sering muncul adalah terganggunya proses buang air kecil.

“Masalah prostat sering datang bersamaan dengan uban, keriput dan rabun dekat. Ini juga salah satu pertanda awal bahwa anda telah mencapai usia yang membuat anda lebih pantas menjadi pembina Pramuka ketimbang menjadi anggota Pramuka biasa,” kata Thoma, Stanisic, M.D., seorang spesialis urologi yang membuka praktik swasta di Ashland, Kentucky.

Untuk mengetahui jenis gangguan prostat apa yang menyerang, penderita harus ke dokter untuk memeriksakan diri. Perbedaan gangguan prostat sangat kecil jika dilihat dari gejalanya. Beberapa gejala yang mungkin dirasakan penderita adalah sering buang air kecil, terdapat darah saat kencing, awal kencing sulit keluar, aliran kencing lemah, dan perasaan buang air kecil yang tidak tuntas.

Gejala gangguan pada prostat

Untuk mengetahui jenis ganggian prostat, perlu dilakukan uji klinis dan tes.

Di bawah ini sebuah kuis yang dirancang oleh Male Health Center di Dallas untuk mengetahui apakah anda memiliki gejala gangguan prostat. Pilih dan lingkari jawaban yang paling mendekati kondisi anda:

Selama sebulan terakhir, berapa sering anda …

1. Apakah anda merasa tidak tuntas ketika buang air kecil?

0 1 2 3 4 5

2. Apakah anda ingin merasa selalu ingin buang air kecil?

0 1 2 3 4 5

3. Aliran kencing terhenti atau tersendat saat kencing.

0 1 2 3 4 5

4. Anda merasa sulit menahan keinginan buang air kecil

0 1 2 3 4 5

5. Aliran urin yang anda keluarkan lemah

0 1 2 3 4 5

6. Harus memaksakan diri atau menahan rasa tidak nyaman ketika .•nulai buang air kecil?

0 1 2 3 4 5

7. Harus bangun pada malam hari untuk buang air kecil padahal sedang tidur?

0 1 2 3 4 5

Jawablah dengan jujur sesuai dengan kondisi yang anda rasakan, kemudian jumlahkan skor yang anda miliki berdasarakan pertanyaan di atas. Apabila skor anda lebih dari sepuluh maka segera periksakan diri anda ke spesialis urologi untuk mengetahui jenis gangguan prostat yang sedang anda alami dan pengobatannya.