AIDS adalah penyakit kronis dan berpotensi mengancam jiwa penderita. Dengan menghancurkan sistem kekebalan tubuh, Virus HIV mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan organisme yang menyebabkan penyakit. HIV adalah jenis virus yang dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah atau dari Ibu ke anak. Butuh waktu bertahun-tahun HIV di dalam tubuh sampai virus tersebut melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membawa penderita ke kondisi AIDS.

obat hiv aids

obat hiv aids. Foto: omtimes.com

Sampai sekarang tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit HIV/AIDS, yang dapat dilakukan adalah pemberian obat ke penderita untuk mengendalikan virus HIV di dalam tubuh. Beberapa jenis obat HIV berhasil mengurangi jumlah kematian dan memperpanjang angka harapan hidup penderita.

“Pada awalnya, penderitanya akan meninggal dalam beberapa bulan setelah terdiagnosis. Tetapi, semakin banyak yang telah berhasil kita pelajari tentang penyakit ini, sehingga sekarang ada banyak orang yang tetap dapat hidup dengan sangat sehat selama jangka waktu yang lama,” kata Peggy Clarke, ketua American Social Health Association di Research Triangle Park, North Carolina.

Obat-obat antivirus seperti zidovudine (AZT), didanosine (Videx), dan zalcitabine (Hivid) dapat memperlambat perkembangan penyakit ini, yang secara pelan-pelan merusak sistem kekebalan, sehingga infeksi-infeksi fatal dan kanker mudah sekali menyerang tubuh.

Setiap penderita HIV positif memiliki beberapa metode pengobatan, yaitu:

  1. Penggunaan obat Anti HIV untuk mengobati infeksi HIV
  2. Obat untuk mengobati efek samping akibat pengobatan HIV
  3. Obat yang mengobati infeksi oportunistik yang dihasilkan dari sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sampai sekarang para peneliti terus mengembangkan setiap potensi yang dapat menjadi obat baru bagi HIV/AIDS. Meskipun beberapa penelitian menyebutkan bahwa sunat atau khitan dapat mencegah penularan HIV/AIDS tetapi obat mujarab untuk mematikan virus HIV belum ada. Pemakaian kondom tidak bisa di andalkan.

Maka cara terbaik untuk memerangi AIDS adalah dengan menghindarinya sejak awal. Artinya, Lakukan hubungan seks hanya dengan satu orang yang sama-sama telah terbukti bebas dari virus HIV atau gunakan kondom bila anda suka berganti-ganti pasangan seksual. Apabila anda harus disuntik, jangan mau menggunakan jarum bekas orang lain, karena HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang tertinggal dalam jarum.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!