Penyimpangan seksual didefinisikan sebagai aktifitas seks tidak wajar yang dilakukan untuk mendapatkan kenikmatan seksual. Pada umumnya pelaku penyimpangan seks menggunakan alat atau objek yang tidak biasa untuk menyalurkan hasratnya. Penyimpangan seksual disebut juga dengan istilah Parafilia.

parafilia

Parafilia adalah penyimpangan seks

Menurut Wikipedia, Parafilia berarti sekelompok gangguan ketertarikan terhadap objek seks yang tidak biasa dan tidak wajar, atau adanya penyimpangan (deviasi) dalam ketertarikan kepada seseorang.

Seseorang disebut menderita parafilia jika telah mengalaminya selama 6 bulan berturut-turut, dan telah menyebabkan timbulnya stres.

Penyebab Parafilia sebagian besar akibat faktor psikologis, kekerasan seksual di masa lalu dan faktor genetik. Menurut Sigmund Freud, penyimpangan seksual ini mulai terjadi di masa kanak-kanak menjelang puberstas akibat terjadinya malfungsi pertahanan diri saat masih kecil.

Jenis-Jenis Penyimpangan Seks

Pada dasarnya semua aktifitas seks yang diperoleh dengan cara yang tidak wajar termasuk ke dalam kelompok penyimpangan seksual. Berikut ini beberapa jenis penyimpangan seks yang paling sering terjadi di era modern saat ini:

1. Homoseksual dan Lesbian

Homoseksual adalah aktifitas seks yang terjadi akibat perubahan orientasi pasangan seks, pelakunya disebut gay atau homo untuk pria dan lesbian untuk penyuka sesama jenis wanita. Beberapa ahli tidak memasukkan homoseksualitas sebagai penyakit melainkan rasa ketertarikan atau romantisme biasa terhadap sesama jenis.

2. Sadomasokis

Aktifitas ini salah satu jenis penyimpangan seks yang berbahaya sebab jika dilakukan secara ekstrim dapat menyebabkan kematian. Kepuasan seks diperoleh dengan cara menyiksa parner seks terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim. Semakin keras rasa sakit yang ditimbulkan maka pelaku akan semakin terangsang. Sementara masokis adalah perilaku menyimpang dimana penderita merasa puas jika disiksa atau disakiti selama berhubungan intim.

3. Ekshibisionisme

Ekshibisionisme adalah perilaku seks menyimpang dimana pelaku akan memperoleh kenikmatan dengan cara memperlihatkan organ seksnya kepada orang lain. Objek yang kaget, malu, takut, dan menjerit akan semakin membuat pelaku terangsang. Meski penyimpangan seks ini sebagian besar diidap kaum pria, banyak juga wanita yang senang mempertontonkan anggota tubuh vitalnya kepada orang lain di depan publik atau melalui media sosial seperti facebook dan twitter.

Contoh penyimpangan seks adalah Voyeurism dan Sadomasokisme

Contoh penyimpangan seks adalah Voyeurism dan Sadomasokisme

4. Voyeurisme

Voyeurisme adalah perilaku seks menyimpang dimana pelaku akan memperoleh kepuasan seks dengan cara mengintip orang lain yang sedang telanjang atau mandi atau bahkan saat berhubungan seks. Pelaku umumnya tidak akan melakukan kekerasan fisik kepada korban, dia hanya mengintip dan melakukan masturbasi setelah atau selama mengintip.

5. Fetishisme

Aktifitas fethishisme disebut aneh karena pelaku hanya bisa menyalurkan hasrat seksnya terhadap benda-benda tertentu seperti BH, celana dalam, kaos kaki atau benda lain. Pelaku akan melakukan masturbasi dengan memegang objek tersebut sambil mengkhayalkan bersetubuh dengan pemilik objek tersebut.

6. Pedophilia

Pedophilia bukan hanya penyimpangan seks tetapi juga pelanggaran hukum yang sangat fatal. Pedophilia adalah ketertarikan melakukan aktifitas seks terhadap anak kecil di bawah umur. Pelaku sebagian besar adalah orang dekat korban seperti tetangga atau keluarga dekat.

7. Bestially

Bestially adalah perilaku seks menyimpang dimana penderita memiliki ketertarikan melakukan hubungan seks dengan binatang seperti kuda, anjing, ular, ayam, dan lain-lain.

8. Incest

Incest adalah hubungan intim yang dilakukan terhadap sesama anggota keluarga seperti antara anak dengan Ayah atau Ibu, Paman dengan kemenakan, antara sepupu atau antara saudara dengan saudara. Hubungan rahasia ini biasanya tersembunyi sangat rapat dan sangat jarang diketahui atau terbongkar.

9. Necrophilia/Necrofil

Adalah jenis penyimpangan seks dimana pelaku melakukan hubungan seks dengan mayat. Umumnya pelaku adalah pria yang mengalami gangguan perilaku dan keterhambatan sosial dan menjadikan mayat yang tidak berdaya sebagai objek seks.

12. Frotteurisme/Frotteuris

Di Jepang disebut dengan istilah Chikan, dimana seseorang mendapatkan kepuasan seks dengan cara menggosok-gosokkan alat kelaminnya ke tubuh wanita di tempat umum seperti di kereta, bis atau tempat keramaian lainnya.

Demikian beberapa jenis penyimpangan seks yang sering dialami oleh orang-orang saat ini. Meski beberapa jenis tersebut sebagian besar diidap oleh pria, beberapa penyimpangan seks seperti Nymphomania juga diidap oleh kaum wanita yang ditandai dengan gairah seks yang sangat tinggi dan sulit dibendung.

Semua jenis penyimpangan seks di atas umumnya disebabkan oleh faktor psikologis sehingga penyembuhannya perlu melibatkan dokter, konseling atau terapi, dan tentu saja perlu ada kesadaran dan keinginan sembuh dari penderita.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!