Jika saat ini anda menderita depresi, kurang gairah, atau memiliki masalah seksual, maka kemungkinan anda sedang mengalami penurunan tetosteron. Hormon testosteron bermanfaat untuk mengatur fungsi seksual dan anabolik tubuh, kekurangan testosteron dapat menyebabkan penurunan fungsi seksual, kebotakan, osteoporosis, kehilangan massa otot dan kehilangan gairah. Jika anda mengalami salah satu dari gejala-gejala testosteron rendah tersebut maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung testosteron tinggi.

Jenis makanan yang mengandung banyak testosteron

Tiram mengandung testosteron tinggi

Libido biasanya diartikan sebagai gairah, keinginan atau dorongan seksual. Tingkat libido setiap orang bervariasi, baik pada wanita maupun pria. Pada umumnya, libido akan menurun secara perlahan seiring dengan semakin menuanya usia. Tetapi terkadang meskipun usia masih muda, gejala penurunan testosteron masih tetap dialami.

Dari penelitian diketahui bahwa makanan-makanan yang mengandung testosteron tinggi ternyata mengandung banyak zat zinc (seng) yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki fungsi seksualitas, itulah sebabnya beberapa makanan tersebut digolongkan ke jenis makanan afrodisiak. Mengkonsumsi makanan afrodisiak ini dapat meringankan gejala testosteron rendah.

Dalam satu percobaan terhadap 22 pria dengan kadar testosteron dan sperma rendah, para pria tersebut diberi asupan Zinc setiap hari selama 45 sampai 50 hari, dan hasilnya setelah diperiksa, mereka mengalami kenaikan jumlah testosteron dan jumlah sperma.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung banyak testosteron yang sebaiknya dikonsumsi jika mengalami testosteron rendah.

1. Tiram mentah
Para terapi seksual banyak merekomendasikan Tiram bagi orang yang menderita testosteron rendah. Tiram telah lama dipuji sebagai makanan afrodisiak yang sangat kuat. Studi terbaru menunjukkan bahwa tiram mengandung zat zinc (seng) yang sangat tinggi yang membuatnya memiliki khasiat luarbiasa.

2. Asparagus
Asparagus kaya akan vitamin E yang dianggap sebagai salah satu vitamin untuk memrangsang produksi hormon seks testosteron. Asparagus sangat baik dikonsumsi oleh pria dan wanita.

3. Buah Ara
Buah ara mengandung asam amino yang tinggi. Para peneliti percaya bahwa buah ara dapat meningkatkan libido karena mengandung zat zinc yang tinggi.

4. Almon dan jenis kacang-kacangan
Almon adalah salah satu sumber utama asam lemak esensial yang merupakan bahan baku untuk memproduksi hormon testosteron pada pria.

5. Telur
Telur adalah sumber vitamin B5 dan B6 yang berguna untuk melawan stres dan ketidakseimbangan kadar hormon, kedua vitamin tersebeut juga sangat penting bagi kesehatan seksual. Tingginya kadar stres adalah salah satu penyebab gairah seks rendah.

6. Basil/ Kemangi manis
Tanaman ini disebut dapat membangkitkan gairah seks dan meningkatkan kesuburan pada wanita.

7. Beras merah dan keju
Makanan ini memiliki kandungan seng yang tinggi. Produksi testosteron tergantung pada seng, dan tingkat testosteron mengontrol tingkat libido .

8. Hati
Hati mengandung glutamin dan dapat meningkatkan libido yang rendah.

9. Alpukat
Alpukat mengandung kadar asam folat yang tinggi, membantu metabolisme protein, dan mengandung vitamin B6. Mengkonsumsi Alpukat secara teratur dapat meningkatkan produksi hormon testosteron laki-laki. Alpukat juga mengandung kalium yang bermanfaat mengatur kelenjar tiroid pada wanita, kelenjar tiroid bertanggung jawab meningkatkan libido wanita.

10. Pisang
Pisang disebut sebagai salah satu sumber energi berisi enzim bromelain yang diyakini dapat meningkatkan gairah seks. Pisang kaya akan potassium dan vitamin B seperti riboflavin yang sangat dibutuhkan untuk produksi hormon testosteron.

11. Seledri
Seledri mengandung Androsterone, sebuah hormon tak berbau yang dilepaskan melalui keringat pria yang dapat menarik wanita. Seledri disebut sebagai salah satu makanan untuk meningkatkan stimulasi seksual.

12. Kacang pinus
Kacang pinus kaya akan sens dan seng sangat dibutuhkan untuk produksi testosteron. Selama berabad-abad, kacang pinus telah digunakan sebagai makanan pembangkit gairah seks.

13. Ikan salmon
Ikan salmon mengandung banyak vitamin B esensial B5, B6 dan B12. Kesemua vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi.

14. Damiana
Damiana adalah jenis semak kecil dan halus, berdaun oval hijau pucat dan bunga berwarna kuning aromatik. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Tengah. Damiana disebut dapat menyembuhkan impotensi, mengurangi kecemasan dan berfungsi sebagai stimulan seks pada pria dan wanita.

Daging merah juga adalah salah satu sumber testosteron tinggi. Daging merah memiliki kadar zinc yang tinggi, begitu juga dengan daging unggas seperti dada, sayap dan paha ayam. Anda bisa juga mendapatkan testosteron yang tinggi pada daging angsa, kalkun dan itik. Unggas liar bisa jadi pilihan yang sangat bagus, termasuk burung puyuh. Selain makanan, jenis produk susu seperti susu, yogurt dan keju memiliki kadar seng yang tinggi dan ideal untuk meningkatkan kadar testosteron.

Kesimpulannya, jika anda menderita masalah testosteron rendah, maka salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan-makanan tinggi kadar Zinc/seng. Hindari lemak jenuh, makanan instan cepat saji dan semua jenis makanan olahan sebab makanan-makanan tersebut bertanggung jawab langsung terhadap hilangnya libido.

Libido pada pria dan wanita dikendalikan oleh hormon yang sama yaitu testosteron. Jika tingkat testosteron rendah akan menyebabkan gangguan pada fungsi seksual. Salah satu kunci meningkatkan libido adalah dengan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Produksi testotesron tergantung pada zat zinc atau seng dan vitamin B, kedua jenis zat ini banyak terkandung dalam banyak jenis makanan. Jadi makanlah jenis makanan yang banyak mengandung zinc agar testosteron kembali normal.