Untuk bisa membuahi sel telur dan membuat istri hamil seorang suami harus mempunyai jumlah sperma yang normal. Sperma disebut normal jika jumlahnya berkisar di atas 20 juta dalam setiap satu milliliter. Kurang dari itu, pria kecil kemungkinan dapat membuat wanita hamil.

Banyak hal yang menyebabkan jumlah sperma menjadi sangat sedikit diantaranya faktor gaya hidup seperti minuman keras (alkohol) dan rokok dan karenanya sebaiknya dihindari.

Untungnya dari banyak penelitian diketahui bahwa jumlah dan kualitas sperma sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan tertentu disebut-sebut dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Makanan-makanan ajaib tersebut dapat meningkatkan produksi testosteron tubuh sehingga meningkatkan produksi sperma.

Berikut ini 5 jenis makanan kesehatan yang berguna untuk meningkatkan jumlah/volume, kualitas, produksi dan motilitas sperma.

1. Cabai merah, wortel, gandum, aprikot kering
Vitamin A dalam makanan ini membantu pertumbuhan sperma yang sehat. Heidi Murkoff, peneliti infertilitas mengatakan kekurangan vitamin A pada pria adalah salah satu penyebab kemandulan karena gerak sperma yang menjadi lambat. Untuk meningkatkan jumlah sperma dan motilitasnya, makanlah daun selada hijau tua, brokoli, bayam, kentang manis, dan susu yang diperkaya dengan vitamin A.

2. Asparagus, kacang polong, tomat yang dimasak, stroberi
Vitamin C dalam jenis makanan ini mempengaruhi motilitas dan viabilitas sperma. Vitamin C dan vitamin A yang ditemukan dalam banyak makanan seperti: kangkung, paprika merah, ubi jalar, sayuran kuning dan buah-buahan memiliki zat antioksidan yang dapat meningkatkan jumlah sperma dan mengurangi radikal bebas berbahaya.

3. Ayam kalkun, telur, makanan laut, tiram, biji labu
Zat seng yang kurang di dalam tubuh menyebabkan kadar testosteron rendah membuat jumlah sperma berkurang. Zat seng banyak ditemukan pada daging sapi, yoghurt, gandum dan jagung.

4. Sayuran berdaun hijau, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian
Pastikan Anda mendapatkan cukup folic acid. Tidak memiliki folic acid yang cukup menyebabkan bayi cacat lahir. Pria dengan kadar folat rendah memiliki sperma dengan kelainan kromosom. Untuk meningkatkan jumlah sperma Anda, produksi, dan motilitasnya, pastikan Anda mengonsumsi banyak sayuran hijau gelap dan buah-buahan. Lebih baik lagi jika anda mengkonsumsi suplemen asam folat.

Jika Anda khawatir tentang jumlah, produksi dan motilitas sperma Anda, cobalah melakukan tes sendiri dengan alat tes kesuburan laki-laki – seperti alat Sperm Check for Fertility.

5. Salmon, sarden, teri, kacang kenari
DHA dan omega-3 asam lemak esensial membantu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan meningkatkan fungsi seksual. Dari penelitian diketahui bahwa pria subur memiliki asam lemak dalam spermanya lebih banyak ketimbang pria yang tidak subur. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung banyak asam lemak Omega-3 seperti arugula, kepiting, udang, rami, dan ayam. Untuk meningkatkan jumlah sperma, perbanyak makan makanan yang mengandung omega-3.

Pertimbangkan suplemen sperma untuk infertilitas pria
Saat ini ada banyak jenis suplemen yang dijual dipasaran yang berguna untuk meningkatkan jumlah sperma. Pilihlah jenis suplemen herbal yang dibuat dari bahan dasar alami. Sebaiknya konsultasilah ke dokter untuk setiap suplemen yang anda pilih.

Mendapatkan gizi yang cukup tidak hanya membuat tubuh lebih sehat tapi juga akan meningkatkan produksi sperma. Normalnya agar sperma dapat membuahi sel telur, jumlahnya harus diantara 20 juta sampai 100 juta per mililiter. Pria dengan volume sperma dibawah 20 juta dikategorikan infertil dan disarankan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti Vitamin B-12, asam askorbat (vitamin C) dan vitamin E.

Jadi untuk meningkatkan jumlah sperma konsumsilah makanan sehat seperti yang dianjurkan di atas. Selain itu, gaya hidup juga harus diubah seperti berhenti merokok dan minum minuman keras, rajin olah raga dan istirahat yang cukup.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!