Tomat adalah jenis sayuran yang banyak tersedia di pasar-pasar dan sering digunakan sebagai penambah sambel dan sayuran di rumah. Selain sebagai penambah rasa dalam masakan, tomat juga ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan terutama dalam menjaga pori-pori kulit, jerawat, dan kulit kusam.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bugar disarankan untuk sering mengkonsumsi buah tomat sebanyak 16 mg setiap hari. Tomat berguna sebagai antioksidan dari radikal bebas dalam tubuh. Zat Lycopene dalam tomat berguna untuk menghambat terjadinya penuaan dini dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Berikut ini manfaat yang akan anda dapatkan dengan senantiasa mengkonsumsi tomat, anda tidak perlu lagi terlalu sering ke salon-salon kecantikan, cukup konsumsi buah tomat setiap hari::

1. Mengecilkan pori-pori kulit yang besar
Pori-pori kulit yang besar memungkinkan kotoran mudah masuk dan menyebabkan terjadinya infeksi. Resepnya, ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.

2. Menyembuhkan jerawat yang membandel
Jerawat yang sering muncul adalah pertanda kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin A dan C. Dengan mengkonsumsi tomat, tubuh mendapat suply vitamin A dan C yang cukup sehingga jerawat dapat disembuhkan secara alami. Selain dikonsumsi, tomat juga bisa di oles ke jerawat. Caranya, potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat parah masker tomat segar bisa digunakan. Buat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.

3. Mengatasi kulit berminyak
Buat jus dengan bahan tomat dan ketimun kecil. Oleskan jus ke seluruh wajah, niscaya wajah tidak lagi menjadi berminyak.

4. Tomat bisa menghilangkan komedo
Komedo adalah salah satu yang membuat kulit wajah terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan komedo, buat masker tomat dan alpukat. Buah tomat akan bekerja sebagai penghilang komedo dan buah akpukat sebagai antiseptik dan pelembab muka. Cara membuat, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

5. Menyembuhkan kulit yang meradang
Kulit meradang bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya mungkin karena sengatan matahari langsung. Efek kulit meradang seperti kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Cara membuatnya, parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos. Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit. lebih lembut dan kenyal.

6. Menjadikan kulit lebih bercahaya
Buat pasta dari madu dan jus tomat. Oleskan pada wajah setiap hari selama 15 menit, pasta tomat bisa juga dioles ke bagian tubuh lain yang diinginkan. Dengan pemakaian teratur kulit dan wajah anda akan menjadi segar dan terlihat bercahaya.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!