Manfaat menangis bagi kesehatan tubuh

Manfaat menangis bagi kesehatan tubuh

Banyak orang yang mengaku merasa lebih nyaman setelah menangis. Apakah itu menangis karena sedih setelah putus dengan pacar atau karena frustrasi terhadap masalah yang dihadapi, mengeluarkan air mata dapat meringankan apapun beban yang sedang dialami.

Menangis adalah proses keluarnya air dari mata yang  disebabkan karena faktor emosi seperti sedih, marah, terharu ataupun bahagia. Menangis membantu melepaskan energi negatif dan merupakan cara alami tubuh mengatasi perasaan yang tidak diinginkan seperti tertekan atau rasa takut.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat menangis bagi kesehatan? mari kita ulas satu per satu.

1. Menurunkan Tingkat Stres

Menangis dapat menurunkan tingkat stres. Ketika menangis, tubuh mengeluarkan beberapa bahan kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Dengan mengeluarkan air mata semua zat kimia tersebut keluar, itulah sebabnya kebanyakan orang merasa lebih lega dan nyaman setelah menangis.

Jika anda menahan air mata keluar, maka sama saja anda sedang meningkatkan tingkat stres anda yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Pada sebuah penelitian diketahui bahwa kadar zat kimia Adrenocorticotrophic (ACTH) lebih banyak ditemukan pada airmata yang keluar akibat stres. Zat kimia tersebut merangsang pembentukan hormon kortisol (hormon stres) sehingga mengeluarkan zat ACTH melalui air mata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Manfaat Menangis bagi Pikiran

Menangis adalah respon emosional tubuh terhadap sesuatu. Ketika air mata keluar, tubuh mengeluarkan zat yang bernama endorfin, zat ini disebut juga hormon bahagia yang bertugas untuk menstabilkan pikiran, mood dan keseimbangan emosi. Ketika mengelurkan air mata, kita memberikan tubuh kita kemampuan untuk menstabilkan dan menjadi baik lagi.

Selain menghilangkan zat beracun dari tubuh kita, menangis juga memiliki manfaat psikologis yang baik bagi kesehatan tubuh yakni menguatkan hati kita dan membantu kita agar lebih tegar menghadapi situasi yang menyakitkan.

3. Mencegah Pilek dan Flu

Air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengandung zat Lisozim fluida yang mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit. Sama seperti hidung yang memiliki rambut dan terowongan hidung untuk mencegah kuman dan bakteri masuk, mata kita memiliki air mata untuk membantu mencegah kita sakit.

4. Detox

Air mata yang mucul karena faktor emosional seperti kesedihan memiliki kandungan zat yang lebih beracun daripada air mata iritasi (gatal-gatal atau air mata karena mengupas bawang). Hal ini berarti bahwa air mata emosional, yaitu air mata yang tercipta dari stres mampu mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh kita.

5. Pelumasan

Fungsi utama dari airmata adalah melumasi bola mata sehingga kita dapat melihat. Air mata melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Tanpa air mata, kita tidak akan dapat melihat.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang menderita gangguan mood cenderung merasa lebih baik setelah mengeluarkan air mata dan ini tentu sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Jadi bukan hanya tertawa atau seks yang bermanfaat bagi tubuh, menangis juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan emosional. Jadi mulai sekarang  jangan tahan tangisan anda, menangislah yang keras.

Demikian beberapa manfaat menangis bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran. Perlu diingat, bahwa terlalu sering menangis juga tidak baik bagi anda sebab itu adalah sebuah pertanda anda mengalami sebuah kondisi yang tidak baik seperti depresi, stres pasca trauma dan depresi.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!