Selaput dara atau hymen sering disebut sebagai tanda keperawanan. Definisi perawan adalah orang yang tidak pernah melakukan hubungan seksual. Jika seorang gadis memasukkan jarinya atau objek lain seperti mainan seks ke dalam vaginanya, gadis itu dapat merusak selaput dara nya, yang merupakan membran yang membentang di pembukaan vagina, tetapi jika gadis tersebut tidak pernah melakukan hubungan seks dalam hidupnya, maka dia disebut masih perawan. Sehingga bisa disebut onani atau masturbasi tidak akan pernah merusak keperawanan.

Semua orang baik pria maupun wanita bisa melakukan onani atau masturbasi. Pada wanita, apakah masturbasi bisa merusak selaput dara? jawabannya bisa ya bisa juga tidak. Ada banyak cara lain dimana selaput dara bisa robek tanpa melakukan hubungan seks seperti olah raga berat, meloncat atau terjatuh. Masturbasi, meloncat dan jatuh yang menyebabkan selaput dara robek tidak akan menghilangkan keperawanan. Sebab keperawanan hilang hanya karena telah berhubungan seks bukan karena rusaknya selaput dara.

Bagi sebagian besar orang keperawanan sering diidentikkan dengan robeknya lapisan selaput dara. Jika selaput dara rusak berarti sudah pernah melakukan hubungan seks dan berarti tidak perawan lagi. Faktanya adalah, ada banyak hal yang membuat selaput dara robek. Bahkan fakta lain menyebutkan terkadang ada selaput dara yang bersifat elastis sehingga tidak mudah sobek meski sudah pernah melakukan hubungan seks.

Karena itu, selaput dara yang utuh mengindikasikan bahwa sang wanita masih perawan tapi selaput dara yang sudah robek bukan berarti dia tidak perawan lagi. Hal yang sama juga berlaku pada pria, jika dia sudah pernah melakukan masturbasi tapi belum pernah melakukan hubungan seks maka pria tersebut dikatakan masih perjaka.

Karena resiko selaput dara bisa rusak, banyak wanita yang mencoba berhenti onani.  Tips aman bagi wanita perawan yang melakukan masturbasi agar hati-hati memasukkan jari atau benda lain ke dalam vagina. Masturbasi yang aman dan tidak mengganggu selaput dara adalah dengan melakukan rangsangan pada klitoris yang terletak di vagina bagian luar, tidak dengan memasukkan jari ke dalam vagina.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!