Mengatasi Kanker Prostat Dengan Olahraga Jalan Cepat

Jalan cepat selama 3 jam dalam seminggu ternyata bisa menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Demikian laporan sebuah penelitian di San Fransisco.

Penelitian terhadap kanker prostat ini dilakukan di Universitas California, San Fransisco, Amerika Serikat. Penelitian dilakukan terhadap 1.455 pria berusia 60 tahun-an yang didiagnosa menderita kanker prostat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan berapa lama seorang pasien kanker prostat berolahraga dalam seminggu. Penelitian dilakukan selama 2 tahun 6 bulan dan meneliti dengan cermat 117 peristiwa yang berhubungan dengan kanker prostat yang kambuh, tumor tulang, dan kematian akibat kanker.

Dari penelitian tersebut, akhirnya diketahui bahwa pria penderita kanker prostat yang berolahraga jalan cepat selama 3 jam dalam seminggu akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kekambuhan, tumor tulang ataupun kematian. Mereka bahkan memiliki potensi sebanyak 57% lebih sedikit kemungkinan mengalami penyebaran kanker prostat jika dibandingkan dengan pasien yang tidak berjalan cepat.

“Sepertinya olahraga jalan cepat dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker prostat,” ucap Erin Richman, pemimpin penelitian.

Meskipun vaksin untuk kanker prostat sudah ditemukan, langkah-langkah alami untuk menyembuhkan dan mencegah terjadinya gangguan pada prostat harus tetap dilakukan, contohnya adalah dengan secara rutin berolahraga jalan cepat selama paling tidak 3 jam setiap minggu.

This entry was posted in Kesehatan Pria and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *