Kebanyakan orang mengidentikkan hubungan seks dengan penetrasi penis ke dalam vagina, padahal ada banyak sekali jenis aktifitas seksual yang umum dilakukan manusia selain koitus atau seks penetratif. Dan memang kepuasan seks tidak selalu berarti penetrasi dan orgasme. Melakukan penetrasi atau memasukkan penis ke dalam vagina hanyalah salah satu cara favorit meraih kesenangan dalam seks.

seks tanpa penetrasi

Cara seks tanpa penetrasi

Terdapat beberapa cara berhubungan seks lainnya tanpa penetrasi yang bisa dan umum dilakukan oleh pasangan suami istri, terutama apabila istri sedang haid. Hubungan seks tanpa penetrasi bahkan lebih umum lagi dilakukan oleh kaum muda yang sudah berpacaran, contohnya adalah ciuman, rabaan atau mungkin oral seks.

Dalam buku The Secret of Better Sex, Joel D Block merangkum lima alternatif cara berhubungan seks yang bisa dilakukan sebagai alternatif penetrasi, mari kita bahas satu per satu:

  1. Masturbasi Mutual. Masturbasi adalah aktifitas merangsang alat vital mengunakan tangan atau alat tertentu. Masturbasi mutual berarti memberi rangsangan pada pasangan menggunakan tangan atau alat bantu.
  2. Oral Seks. Oral seks sebagai aktifitas seks yang mandiri tanpa penetrasi umumnya dilakukan oleh pasangan suami istri yang tidak bisa melakukan seks penetrasi, misalnya karena istri sedang berhalangan.
  3. Outercourse. Yaitu kebalikan dari intercourse dimana aktifitas seksual yang dilakukan seperti berhubungan seks biasa tetapi dengan masih menggunakan pakaian yang lengkap. Aktifitas ini umum dilakukan oleh pasangan muda mudi yang masih berpacaran.
  4. Intermammary intercourse. Umumnya aktifitas seksual ini dilakukan oleh orang Eropa dimana penis diletakkan diantara kedua payudara wanita dan digosokkan sampai ejakulasi terjadi. Aktifitas ini hanya memberi kepuasan seks kepada pria dan sangat jarang dapat memberi orgasme kepada wanita.
  5. Femoral Intercourse. Aktifitas seks ini mirip dengan Intermammary, bedanya Femoral dilakukan dengan memasukkan dan menggogok penis di sela-sela paha wanita sampai ejakulasi terjadi.

Lima jenis cara berhubungan seks di atas adalah alternatif yang bisa anda gunakan selain seks penetrasi yang sudah biasa anda lakukan. Aktifitas seks tersebut sering juga disebut seks non koital. Manfaatnya adalah anda akan merasakan sensasi yang tidak biasa dan menghindarkan diri anda dan pasangan dari kebosanan. Anda bisa juga menciptakan cara-cara atau alternatif lainnya ketika berhubungan seks dengan istri, yang paling penting adalah cara tersebut tidak memberatkan dan sama-sama menyenangkan kedua pihak.