Tips Mencegah Kanker Payudara

Tips Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang ditakuti kaum wanita di seluruh dunia. Di Inggris, satu dari delapan wanita diketahui mengidap kanker payudara dan jumlah tersebut akan terus bertambah jika tidak dilakukan usaha pencegahan sedini mungkin.

Usaha-usaha untuk mencegah kanker payudara meliputi perubahan gaya hidup, menghindari pemicu dan mengkonsumsi nutrisi yang menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu tindakan untuk mencegah kanker payudara harus dilakukan sejak usia masih muda dengan cara menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

Kanker payudara umumnya diderita oleh wanita pasca menopause yang ketika masih muda menjalani gaya hidup tidak sehat. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka usaha pencegahan terjadinya kanker payudara dikemudian hari seharusnya dimulai saat ini juga.

Berikut ini 10 tips mencegah kanker payudara yang direkomendasikan para dokter sebagaimana dikutip dari situs womenhealth:

  1. Memperbanyak konsumsi sayuran hijau organik.
  2. Membatasi atau berhenti total mengkonsumsi daging merah.
  3. Tidak mengkonsumsi semua jenis daging olahan.
  4. Melakukan aktifitas fisik secara aktif setiap hari selama 30 menit.
  5. Usahakan berat badan tetap ideal dan sehat. Tidak terlalu kurus atau pun terlalu gemuk.
  6. Mengurangi atau berhenti total menkonsumsi semua jenis gula. Abaikan setiap muncul keinginan untuk mengkonsumsi gula, sebaiknya gunakan kayu manis untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh secara alami.
  7. Makan 2 saji sayuran cruciferous dapat membantu mengatasi kadar estrogen berlebihan yang dikaitkan dengan kanker payudara.
  8. Kembang kol mengandung senyawa detoksifikasi anti kanker yang mengikat estrogen dan membantu mengeliminasi sel jahat dari tubuh.
  9. Sel kanker menyukai zat gula, dengan olahraga secara teratur gula darah akan terbakar yang membuat sel kanker tidak mendapat nutrisi.
  10. Bangun lebih pagi untuk menghirup oksigen atau udara segar. Sel kanker tidak menyukai dan tidak bisa hidup dalam tubuh dengan oksigen berlimpah.

Beberapa terapis kanker dan dokter juga merekomendasikan para wanita untuk menyusui bayinya menggunakan ASI. Beberapa penelitian menunjukkan adanya korelasi antara ibu menyusui dengan pertumbuhan sel kanker. Hasil penelitian tersebut menyebut menyusui bayi dapat mencegah kanker payudara pada wanita.

Penelitian lain terhadap sel kanker pada buah dada juga menunjukkan aktifitas seksual dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Penelitian tersebut menyebutkan meremas payudara dapat mencegah kanker payudara pada wanita.

Sampai hari ini penyebab kanker payudara secara pasti belum ditemukan tetapi secara umum para ahli medis sepakat bahwa gaya hidup, pola makan tidak sehat dan adanya 3 gen tertentu dalam tubuh yang menjadi penyebab kanker payudara.

Karena itu pencegahan kanker payudara sebaiknya dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengurangi konsumsi daging, makan dengan waktu yang teratur dan aktif berolahraga. Perubahan gaya hidup tersebut akan memicu tubuh untuk menyembuhkan diri dari dalam dan membatasi asupan nutrisi sel kanker payudara.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download Disini!