Berdasarkan penelitian terbaru, ada lebih dari sepuluh jenis penyakit yang dapat menyerang perokok. Lima diantaranya dapat menyebabkan mati prematur. Namun meski demikian semua itu tidak membuat jera para perokok. Pada artikel seksualitas.net sebelumnya kita sudah membahas bahaya merokok yang dapat menyebabkan impotensi, di artikel kali ini kita akan membahas lima jenis penyakit berbahaya akibat rokok yang dapat menyebabkan kematian.

Daftar penyakit akibat rokok

Daftar penyakit akibat rokok. Foto: natural-holistic-health

Dalam sebatang rokok terdapat nikotin yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Jika penyempitan di area yang menghubungkan penis maka yang terjadi adalah impotensi, jika terjadi di pembuluh koroner dapat menyebabkan jantung dan stroke jika penyempitan terjadi di pembuluh otak.

Dari ribuan jenis zat dalam sebatang rokok, sebagian besarnya bersifat pemicu terjadinya kanker atau paling tidak akan membantu mempercepat tumbuhnya sel kanker, asap rokok dapat menimbulkan gangguan pada saluran napas.  Asap rokok juga menyebabkan detak jantung bertambah, darah lebih deras mengalir, pembuluh nadi menguncup dan tensi pun meningkat.

Asap rokok bersifat racun, kadar gas karbonmonoksida (CO) yang dihasilkan satu pak rokok akan mengikat lebih dari lima persen Hb, artinya kemampuan zat asam tubuh tidak akan tercukupi. Gas CO juga akan merangsang pembentukan karat lemak pada dinding pembuluh nadi, sehingga mempercepat terjadinya serangan jantung koroner.

Daftar Penyakit Berbahaya Akibat Merokok

Apa saja penyakit berbahaya yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok. Di bawah ini kita akan membahas lima penyakit yang paling mudah menyerang perokok sebagaimana dikutip dari tabloid senior, kelima penyakit ini berpotensi merenggut nyawa, atau paling tidak menimbulkan kerepotan medis bagi perokok.

1. Kanker Paru-Paru

Merokok lebih dari satu pak dalam sehari berisiko kena kanker paru-paru 20 kali lebih besar dibandingkan yang bukan perokok. Ada empat jenis kanker paru-paru, rata-rata ganas da berakibat fatal dan sering menimpa kelompok usia 40-70 tahun.

Oleh karena keluhannya tidak selalu nyata, kanker paru-paru sering luput dari diagnosis. Tahu-tahu sudah stadium lanjut, sel kanker telah telanjur menyebar ke otak, tulang dan hati. Kanker paru tak jarang ditemukan secara kebetulan waktu check up. Pada foto paru-paru tampak ada gambaran seperti uang logam. Setiap ada gambaran seperti ini perlu ditindaklanjuti dengan peneropongan pembuluh paru untuk memastikan apa benar ada kanker.

Awalnya mungkin cuma batuk yang tak kunjung sembuh atau batuk berdahak encer. Kadang-kadang dahak juga bercampur darah dan mungkin sesak napas. Napas berbunyi dan nyeri di dada. Jika berlanjut, badan tampak kurus, lesu, lemah dan paru-paru terendam cairan.

Pada kanker paru, hanya seperempat kasus yang masih bisa di kerat, itu pun rata-rata hanya 10% yang memiliki harapan bertahan hidup sampai lima tahun. Adapun jenis kanker yang lamban, bisa sampai 40% yang memiliki harapan hidup sampai lima tahun setelah menjalani pengobatan.

2. Penyakit Bronkhitis Menahun

Kematian akibat infeksi pembuluh paru-paru mencapai 20 kali lipat pada perokok dibanding bukan perokok. Jika infeksi sudah berat, fungsi paru-paru menurun. Selain itu, mekanisme bulu-bulu getar pembuluh paru-paru menurun, sehingga gampang terserang infeksi ulang.

Selain batuk yang lama, batuk juga bisa bercampur serat darah. Timbul sesak napas, nyeri dada, dan dokter mendengar bunyi yang tidak normal di paru-paru. Foto rontgen paru-paru memastikan adanya bronkitis. Namun, karena sering diabaikan, infeksi menahun ini terlanjur merusak bangunan paru-paru sehingga fungsinya banyak menurun. Pada kondisi begini komplikasi mengganggu fungsi jantung juga. Pengobatan semasih awal penyakit memungkinkan kesembuhan.

3. Jantung Koroner dan Penyakit Stroke

Kematian mendadak akibat jantung koroner pada perokok 10 kali lebih banyak dibandingkan bukan perokok. Angka kejadian jantung koroner pada perokok tiga kali lebih sering dibanding bukan perokok. Ironisnya, bukan perokok atau perokok pasif sama memikul risiko kena jantung koroner seperti perokok sejati.

Rokok mempercepat terbentuknya karat lemak pada dinding pembuluh nadi koroner. Selain itu, sel darah lebih gampang saling melengket. Pembuluh nadi yang sudah menyempit bertambah sempit lagi oleh terbentuknya gumpalan sel darah yang melengket. Ini yang kemudian berpotensi menyumbat pembuluh nadi secara perlahan-lahan. Jika serangan terjadi pada pembuluh koroner menimbulkan serangan jantung koroner dan terjadi stroke jika di pembuluh otak.

4. Penyakit TBC Paru-Paru

Tuberkulosis paru-paru lebih sering terjadi pada perokok dibanding bukan perokok. Penyakit TBC termasuk infeksi paru-paru yang sering terabaikan. Selain karena gejalanya samar-samar, pengobatannya pun sering tidak tuntas. Ini yang membawa pasien TBC telanjur komplikasi, dan pengobatan umumnya terlambat menambal paru-paru yang sudah bolong-bolong.

Sama halnya dengan bronkitis, fungsi paru-paru pasien TBC akan menurun. Selain paru-paru lama-lama terendam cairan, menurunnya fungsi paru-paru bisa mengganggu fungsi jantung juga.

5. Penyakit Maag

Penyakit maag bisa juga muncul akibat rokok, dan biasanya menyerang lambung. Oleh karena biasanya juga diabaikan, penyakit maag cenderung menahun. Jika rokok tidak dihentikan berarti penyakit maag yang tidak diobati akan semakin memburuk. Komplikasi maag bisa membuat lambung jebol. Tandanya adalah muntah darah dan serangan perut gawat.

Penyakit Lain Akibat Merokok

Kanker paru akibat rokok

Kanker paru akibat rokok. Foto: buzzle.com

Di luar paru-paru, perokok juga bisa mengalami kanker kulit, mulut, kerorongkongan, tenggorokan dan kelenjar pankreas. Wanita hamil yang merokok, bayinya lahir dengan berat yang rendah, jika tidak terjadi keguguran atau mati dalam kandungan. Dan bahkan merokok baik itu aktif atau pasif dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita, demikian hasil studi sebuah penelitian di Universitas Toronto.

Rokok juga dapat merusak saraf mata. Racun sianida dalam asap rokok dapat melumpuhkan mata, sehingga penglihatan menjadi kabur. Gusi perokok berat pun gampang meradang, sehingga gigi cepat rusak.

Selain itu perokok umumnya tidak bugar. Fungsi paru-paru menurun sehingga kemampuan memasok zat asam ke jaringan tubuh sangat berkurang. Sel tubuh kekurangan asupan zat asam, membuat tubuh terlihat lesu dan loyo.

Tidak ada resep buat antirokok. Yang lebih manjur adalah memotivasi diri sendiri untuk berhenti merokok. Dan untuk itu perlu tekad dan niat yang kuat. Mengikuti sesi hipnosis, terapi aversi, terapi kelompok, masuk klinik anti rokok tidak lebih kuat daripada niat untuk berhenti merokok.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!