Posisi seks apa yang paling cocok untuk wanita hamil? ini adalah pertanyaan yang paling umum ditanyakan pasangan suami istri kepada dokter.

Pada dasarnya ada dua cara berpikir yang salah sehubungan dengan ngeseks saat hamil. Pertama, kita cenderung memandang kehamilan sebagai kondisi medis, dan memperlakukan wanita hamil seolah-olah sedang sakit atau sangat lemah.

Ini tidak benar, walaupun mungkin ada masalah kesehatan dan kehamilan yang membuat beberapa jenis seks sulit dilakukan, tapi sebagian besar tidak perlu ada perubahan spesifik ketika bercinta, dan pastinya tidak ada alasan untuk memperlakukan wanita hamil yang sehat seolah-olah dia lemah atau sakit.

Kedua, kita masih cenderung berpikir seolah-olah ada cara yang benar dan ada cara yang salah ketika berhubungan seks selama kehamilan. Sesungguhnya cara aman berhubungan seks selama kehamilan jumlahnya tidak terbatas. Seks yang baik melibatkan fleksibilitas dalam pemikiran, dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru ketika yang lama tidak efektif lagi.

Secara umum, terdapat tiga aturan yang harus terpenuhi ketika berhubungan seks saat hamil, yaitu:

  • Kedua pasangan secara fisik merasa nyaman
  • Posisi seks tersebut memungkinkan terjadinya seks dan kontak fisik yang kedua pasangan inginkan
  • Hubungan seks tidak menimbulkan tekanan berlebih pada rahim atau berat tubuh pasangan pria tidak menekan perut yang hamil.

Para ahli mengatakan bahwa wanita harus menghindari berbaring tengkurap atau berbaring disisi kanan setelah empat bulan kehamilan. Karena itu anda dan pasangan senantiasa harus mencari tahu posisi seks yang cocok untuk anda berdua. Proses pencarian ini membutuhkan kreativitas dan rasa humor. Dan jika penetrasi tidak memungkinkan terjadi, anda dan pasangan tetap bisa mencari cara saling memuaskan satu sama lain atau berhubungan seks tanpa penetrasi.

Setidaknya terdapat 6 posisi seks paling dasar yang harus anda pahami sebelum mencari posisi-posisi seks baru atau mengembangkan posisi yang telah anda kuasai. Berikut ini 5 posisi seks paling aman untuk wanita hamil yang bisa anda praktekkan bersama pasangan:

1. Posisi Seks Sendok.

Posisi ini sangat nyaman dilakukan karena tidak terjadi tekanan pada perut wanita yang sedang hamil dan memungkinkan terjadinya banyak gerakan ketika berhubungan. Pria memposisikan diri di belakang wanita dan mencari sudut yang tepat untuk melakukan penetrasi. Hindari berbaring di sisi sebelah kanan pada posisi ini.

 

2. Posisi seks berhadap-hadapan.

Posisi ini memungkinkan anda mendapatkan lebih banyak kesempatan saling mengeksplorasi tubuh pasangan. Tapi penetrasi penis akan lebih sulit dilakukan. Anda dapat saling menyilangkan kaki satu sama lain agar penis bisa dengan mudah melakukan penetrasi. Seperti posisi seks sendok, posisi ini sangat nyaman karena tidak ada yang merasakan berat tubuh pasangan lain.

 

3. Posisi seks Wanita di atas.

Pada posisi ini, wanita menjadi lebih dominan sehingga bisa mengontrol kedalaman dan sudut penetrasi penis. Ketika hamil, anda mungkin akan cepat lelah ketika melakukan posisi ini.

 

4. Posisi seks doggy style.

Posisi seks doggy style sangat bagus untuk menstrimulasi titik g-spot wanita. Sebaiknya posisi ini jangan terlalu sering dilakukan ketika hamil kecuali anda aktif berlatih yoga. Lakukan posisi ini di tempat tidur.

 

5. Posisi seks di tepi tempat tidur.

Posisi ini memungkinkan anda mendapatkan kenyamanan yang lebih besar selama kehamilan. Wanita berbaring di tempat tidur dengan kaki menggantung ke lantai. Sementara pria melakukan penetrasi sambil berdiri atau berlutut.

Ada beberapa ciri wanita hamil yang penting diketahui agar langkah-langkah antisipasi dapat segera di lakukan terutama menyangkut posisi bercinta. Terdapat banyak alasan mengapa seks selama kehamilan sangat menyenangkan, bahkan jika frekuensi hubungan seks Anda sangat kurang. Ketika sedang hamil pelumasan vagina wanita akan meningkat dan akan terjadi pembengkakan pada daerah genital yang secara tidak langsung membantu beberapa orang mudah mencapai orgasme bahkan multi-orgasme.