Posisi seks untuk lanjut usia

Posisi seks untuk lanjut usia

Beberapa orang yang sudah tua mungkin merasakan bahwa posisi seks ala kamasutra yang sering mereka gunakan ketika masih muda dulu sudah sangat sulit mereka lakukan sekarang.

Saat usia masih muda, mereka mampu bercinta menggunakan segala macam gaya dan posisi, tapi sekarang untuk bergerak pun sudah susah. Usia tua memang akrab dengan segala keterbatasan, termasuk dalam urusan seks.

Selain kekuatan fisik yang mulai menurun, saat usia sudah lanjut biasanya gairah seks juga tidak sebesar saat masih muda, hal ini disebabkan karena produksi hormon testosteron mulai berkurang. Hormon seks yang rendah menyebabkan gairah seks menurun dan akibatnya penis sulit ereksi.

Dan memang bagi sebagian besar pria, usia tua identik dengan penis yang sulit ereksi atau biasa disebut disfungsi ereksi, akibatnya penetrasi selalu batal dilakukan. Dalam situasi seperti ini, seks bagi mereka bukan lagi berarti orgasme dan ejakulasi.

Baca juga: Tanda-Tanda Pria Mulai Tua

Bagi banyak pasangan lanjut usia, seks yang mereka lakukan bukan untuk melakukan penetrasi melainkan untuk menjalin kebersamaan (keintiman) dan meningkatkan kesehatan. Seks sejatinya bisa dinikmati oleh siapa saja, namun terkadang karena merasa usia sudah uzur beberapa orang mulai berusaha melupakan seks dan tidak menghiraukan gairah yang terkadang masih sering muncul.

Padahal seks adalah salah satu aktifitas emosional yang bermanfaat bagi kesehatan, hal ini tidak saja berlaku pada kaum muda, melainkan juga pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Bahkan Yvonne K Fulbright, phd, penulis buku terkenal The Secret of Sexual Satisfaction menyebut seks dapat membuat panjang umur jika dilakukan secara teratur.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa semua orang, berapapun usianya, dapat menikmati seks selama yang dia inginkan. Tapi tentu saja dengan beberapa batasan tertentu. Pria berusia 70 tahun tentu tidak bisa melakukan posisi seks seperti pria umur 20 tahun. Pada usia lanjut, orang umumnya telah sangat dewasa dalam urusan seksual dan sudah mengenal dengan baik apa yang diinginkannya dari seks.

Posisi Seks yang Cocok untuk Pasangan Lanjut Usia

Lupakan segala jenis gaya bercinta seperti yang biasa anda lakukan ketika masih muda seperti doggy style, woman on top, standing position, gaya menggunting, dan lain sebaginya. Gaya-gaya seperti itu akan sangat menguras energi dan jika anda tidak beruntung, bisa menyebabkan otot terluka.

Pada usia lanjut, seks tidak lagi seperti saat usia masih muda yang penuh semangat, gairah dan orgasme. Di usia lanjut, tujuan seks adalah mencapai keintiman dan bukan memburu orgasme. Seks yang dilakukan oleh pasangan lanjut usia adalah untuk menyalurkan energi cinta dan menjalin keintiman yang lebih dalam dengan pasangan. Oleh karena itu, umumnya posisi seks yang dilakukan tidak lagi sama saat mereka masih muda.

Berikut ini beberapa posisi seks yang direkomendasikan untuk pasangan lanjut usia:

1. Posisi Seks Spoon

Salah satu posisi seks terbaik yang bisa dilakukan oleh pasangan lanjut usia adalah posisi samping atau biasa juga disebut spoon style. Pada posisi ini pasangan berbaring di ranjang dalam posisi saling berhadap-hadapan.

Posisi ini memang agak menyulitkan terjadinya penetrasi penis ke dalam vagina tetapi sangat menyenangkan karena kedua pasangan bisa saling memeluk dan menyentuh tubuh masing-masing. Spoon bisa dilakukan dengan cara saling berhadap-hadapan dan bisa juga dengan cara pihak wanita membelakangi pria.

Gaya misionaris untuk lanjut usia

Gaya misionaris untuk lanjut usia

2. Posisi Misionaris

Saat usia sudah tidak muda lagi, kini saatnya anda kembali ke selera awal, gunakan posisi seks misionaris alias pria di atas. Teknik bercinta ini sangat mudah dilakukan dan menciptakan keintiman yang luar biasa besar.

Sambil bercinta, anda bisa saling cium, membelai dan bahkan berbincang-bincang ringan dengan pasangan. Posisi misionaris adalah salah satu posisi seks paling dasar yang sangat mudah dilakukan dan tidak menguras energi terlalu besar.

3. Sex on The Chair

Salah satu gaya berhubungan seks yang paling mungkin dilakukan oleh pria dan wanita lanjut usia adalah bercinta sambil duduk di kursi. Pria tidak perlu membuang energi terlalu besar dengan gaya ini, begitu juga wanita, sambil duduk mereka bisa saling peluk dan cium.

Cara berhubungan seks di atas kursi sangat mudah dilakukan, pria duduk dan bersandar di kursi atau di ranjang sementara pihak wanita duduk dipangkuannya. Setelah melakukan foreplay yang cukup, penetrasi dilakukan dengan wanita tetap berada di pangkuan pria.

Baca juga: 31 Gambar Posisi Bercinta Paling Nikmat

Selain menggunakan posisi seks menyamping seperti disebut di atas, pasangan lanjut usia bisa juga bereksperimen mencari posisi-posisi lain yang mungkin dan bisa mereka lakukan. Atau kalaupun hubungan seks penetratif sudah tidak memungkinkan dilakukan, maka mereka masih bisa memilih berhubungan seks tanpa penetrasi penis. Yang paling penting adalah jangan memaksakan diri atau pasangan melakukan posisi-posisi yang dapat membahayakan keselamatan diri.

Berikut ini beberapa tips bagi pasangan lanjut usia agar bisa menikmati seks secara maksimal:

  1. Foreplay lebih lama
  2. Gunakan lubrikasi sebanyak mungkin
  3. Jangan terburu-buru
  4. Bereksperimen dengan posisi seks yang lain

Saat usia sudah tidak muda lagi, penis kadang baru bisa ereksi setelah dirangsang cukup lama, karena itu lakukan foreplay atau pemanasan yang lama. Hindari menggunakan obat kuat yang banyak dijual di internet sebab sangat berbahaya bagi jantung.

Begitu pula halnya dengan wanita, seiring dengan usia yang semakin tua produksi hormon estrogen mereka juga menurun akibatnya vagina jadi kering dan menimbulkan rasa sakit saat bercinta. Karena itu jangan lupa menyiapkan minyak pelumas yang cukup agar penis bisa penetrasi dengan mudah.

Demikian beberapa tips dan posisi seks terbaik untuk pria dan wanita lanjut usia, semoga bermanfaat.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download Disini!