Klitoris adalah sebuah organ seksual berukuran kecil dan sangat sensitif yang dimiliki wanita, letaknya di bagian atas kelamin di titik pertemuan dengan labia minora, dan dikelilingi oleh vulva. Klitoris biasa juga disebut sebagai penis wanita karena memiliki fungsi yang sama dengan penis pria. Ketika sedang terangsang, klitoris akan terisi darah dan mengembang, meskipun besarnya tidak seperti penis.

Serba serbi klitoris

Serba serbi klitoris

Fungsi klitoris hanya satu yaitu untuk bersenang-senang secara seksual. Pria tidak memiliki organ seks seperti ini, itulah sebabnya wanita disebut makhluk seksual.

Sebagian besar wanita yang mengalami orgasme, mengalaminya karena stimulasi klitoris, meskipun masih ada jenis orgasme lain tapi pada umumnya orgasme yang dirasakan wanita adalah klitoral.

Area ini juga memiliki ujung syaraf yang sangat banyak. Penis yang jauh lebih besar ukurannya hanya memiliki 4000 ujung saraf, sementara klitoris yang sekecil itu justru mempunyai 8000 ujung saraf dan beberapa dari sistem saraf tersebut berhubungan dengan saraf pada daerah panggul wanita, sehingga saraf para klitoris mempengaruhi total 15000 ujung saraf. Hal ini yang menyebabkan organ imut-imut ini sangat kuat dan super sensitif.

Klitoris biasa juga disebut kelentit, dan sampai usia 12 minggu pembuahan terjadi di dalam rahim, kelentit dan penis terlihat sama persis. Dan sampai saat dewasa, keduanya masih memiliki kesamaan fungsi dan struktur. Tudung pada kelentit menyerupai kulup penis, memiliki kelenjar dan sama-sama mengalami ereksi ketika terangsang.

Cara Mencari Klitoris

Mencari dan menemukan klitoris mungkin sulit dilakukan bagi pria dan wanita yang belum pernah mengeksplorasi tubuh sendiri atau tubuh pasangannya. Semua wanita seharusnya mengetahui dengan pasti letak klitorisnya, demikian juga pria, sebab organ ini sangat penting dan seharusnya mendapat perlakukan khusus saat bercinta.

Berikut ini beberapa langkah mudah cara mencari letak klitoris wanita:

  1. Kenali dulu organ-organ seksual wanita seperti vulva, labia mayora, labia minora, dan vagina. Bisa anda lihat disini.
  2. Buka lipatan labia mayora dan minora.
  3. Di bagian atas, di titik pertemuan labia minora terletak klitoris. Posisinya tepat di bawah tulang kemaluan.
  4. Bentuk klitoris mirip dengan kepala penis laki-laki, anda pasti bisa mengenalinya dengan mudah.

Lihat gambar di bawah ini, untuk mengetahui posisi dan letak klitoris wanita. Harap diperhatikan, beberapa gambar di halaman ini adalah untuk tujuan pendidikan dan informasi, dan bukan kegiatan pornografi.

Cara mencari klitoris wanita

(1) Selubung klitoris (2) Klitoris

Ukuran dan bentuk klitoris kadang tidak sama pada semua wanita. Pada wanita normal panjang klitorisnya sekitar 4-5 mm saja dengan lebar 3-4 mm. Ukuran ini akan terus bertambah sampai usia si wanita mencapai 30 tahun. Umumnya ukuran akhirnya adalah mencapai 4 kali lipat dari ukuran saat masa pubertas.

Itulah sebabnya wanita ABG selalu memiliki ukuran klitoris yang imut dan sangat kecil ketimbang wanita dewasa. Fakta ini juga menjelaskan mengapa wanita dewasa pada umumnya lebih sering merasakan orgasme ketimbang wanita yang lebih muda.

Pada wanita-wanita khusus yang menderita sebuah kondisi yang disebut klitoromegali, mereka memiliki ukuran kelentit yang sangat besar, mencapai delapan inchi. Kondisi ini biasa juga dialami oleh atlet wanita yang menyuntikkan steroid anabolik ke tubuhnya.

Bentuk Klitoris

Klitoris wanita terdiri atas dua bagian penting yaitu bagian berbentuk bulat atau kepala dan bagian tubuh yang lebih panjang. Tubuh klitoris ini disebut juga batang memiliki cekungan yang mirip penis. Jaringan dari labia minora yang berbentuk tudung biasanya menutupi batang klitoris untuk melindunginya. Fungsinya mirip kulup pada penis.

Untuk melihat kelentit, anda perlu menyibak kulit yang menyelubunginya. Bentuk klitoris seperti kancing kecil yang berkilat, beberapa pria menyebutnya seperti kacang kecil yang menyembul. Pada tubuh kelentit terdapat corpora cavernosa, yaitu sepasang jaringan ereksi yang akan terisi darah ketika kelentit mengalami ereksi akibat rangsangan seksual.

Supaya lebih jelas berikut ini gambar klitoris secara lengkap diambil dari wikipedia.

Gambar klitoris

Gambar klitoris

bentuk klitoris wanita

Bentuk kepala klitoris wanita

Saat sedang mengalami stimulasi seksual, kelentit akan terisi darah sehingga ukurannya membesar. Saat mengalami orgasme kelenjar ini menjadi tidak terlihat karena tertutup oleh jaringan tudung klitoris yang juga membesar. Sepuluh menit setelah orgasme, kelentit akan kembali ke ukuran semula. Jika si wanita tidak mengalami orgasme, darah pada klitoris akan menetap selama beberapa jam dan biasanya terasa mengganggu pada sebagian wanita.

Cara Merangsang Klitoris

Setelah anda mengetahui bentuk klitoris dan sudah tahu letaknya. Sekarang kita perlu mempelajari cara merangsang klitoris dengan benar agar bisa memuaskan wanita. Prosesnya bisa dilakukan oleh wanita sendiri dan disebut masturbasi atau bisa juga dengan bantuan pasangan pria.

Saat berhubungan intim, di posisi apapun, penis yang keluar masuk vagina akan menggerakkan labia minora secara otomatis, dan gerakan labia ini akan menyentuh kelentit dan membuat wanita orgasme. Selain berhubungan seks, area sensitif ini juga bisa dirangsang dengan tangan atau lidah (cunnilingus).

Jika anda ingin mempelajari cara melakukan oral seks kepada wanita, klik disini!

Berikut ini beberapa langkah merangsang klitoris:

  • Foreplay

Wanita harus menginginkan seks dengan sendirinya agar bisa orgasme. Memaksa wanita berhubungan intim hanya akan menyakiti mereka. Disinilah pentingnya foreplay. Jika seks ibaratnya rumah, maka foreplay adalah pintu yang harus anda lalui agar bisa masuk. Wanita pada umumnya kesulitan orgasme karena kurang foreplay, oleh karena itu dibutuhkan waktu dan kesabaran dari pria untuk memuaskan wanita.

  • Memijat

Sebelum anda menyentuh area kelentitnya, siapkan pelumas terlebih dahulu. Gunakan pelumas dari minyak biji anggur jika anda ingin menstimulasinya dengan tangan dan pelumas berbasis air jika anda berencana melakukan penetrasi penis.

  • Rangsang menggunakan lidah

Mulai sentuh area sekitar klitoris pasangan anda secara perlahan. Kemudian gunakan jari telunjuk dan tengah untuk menyentuh organ tersebut dengan lembut dan secara perlahan merangsangnya. Setelah klitoris tersebut bertambah besar, gunakan lidah anda untuk menyentuhnya. Sentuhan ini akan membuat pasangan anda kelojotan dan semakin terangsang.

  • Tahap akhir

Saat merangsang klitorisnya menggunakan lidah, pastikan anda tidak meniup terlalu banyak udara ke atasnya karena dapat menyebabkan klitoris mengering.

Demikian beberapa langkah cara menggosok klitoris dan memberi rangsangan agar wanita bisa mencapai orgasme. Hati-hati dengan kuku yang panjang, selain bisa melukai area ini, juga dapat menyebarkan kuman jika kuku kotor.

Cara Merawat Kesehatan Klitoris

Klitoris adalah organ reproduksi wanita yang perlu dijaga kesehatannya. Smegma umumnya terbentuk di sekitar kepala penis, berwarna putih dan muncul akibat sisa-sisa buang air kecil. Seperti halnya penis, smegma bisa muncul di bagian bawah penutup klitoris yang jika tidak dibersihkan dapat menimbulkan iritasi dan menghilangkan kemampuan orgasme.

Smegma tersebut berasal dari penutup klitoral yang menghasilkan minyak yang disebut sebum, fungsinya adalah melumasi kelenjar kelentit. Semakin banyak minyak terkumpul maka akan terbentuk smegma yang berwarna putih dan jorok.

smegma klitoris

Smegma berada di bagian bawah penutup klitoris

Jika smegma ini tidak dibersihkan maka akan membentuk semacam gumpalan berbentuk biji klitoris yang keras dan kecil di bawah tudung kelentit. Biji-bijian ini yang menimbulkan iritasi dan rasa sakit di area tersebut. Jika seorang wanita merasa sakit saat sedang masturbasi atau saat bercinta, maka rasa sakit tersebut berasal dari penggumpalan smegma tadi. Rasa sakit itu juga terkadang muncul saat si wanita mengenakan celana terlalu ketat atau ketika menggunakan pembalut.

Timbunan smegma bisa terjadi pada bayi wanita atau gadis remaja. Pada kasus yang ringan, smegma yang mengering akan menimbulkan rasa gatal dan mengundang rasa ingin menggaruk. Ini salah satu hal yang menyebabkan remaja wanita sering melakukan masturbasi. Hasilnya kelentit akan mengalami iritasi dan berwarna kemerahan.

Cara terbaik menjaga agar smegma tidak terbentuk adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan. Permasalahannya adalah tidak semua wanita mengetahui bahwa dirinya memiliki klitoris. Dan tidak mungkin mengajari para gadis ini cara membersihkan klitoris jika mereka tidak tahu memilikinya.

Dalam hal ini, peran orang tua sangat besar untuk memberitahu anak gadisnya mengenai pentingnya menjaga kebersihan  area kelentit. Orang tua sebaiknya secara rutin membuka labia minora anaknya secara hati-hati dan mulai membersihkan area tersebut. Sambil membersihkan dan mengajari anak cara merawat klitoris, orang tua bisa sekaligus mengajarkan nama-nama organ seks disekitarnya.

Wanita yang sudah dewasa juga perlu menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan area kelentit mereka. Lipatan-lipatan kecil di vulva dan ruangan kosong di bawah klitoris dapat menjadi sumber keringat, bekas toilet, cairan menstruasi, urin yang memungkinkan bakteri hidup dan berkembang biak di sana.

Demikian serba serbi klitoris yang membahas beberapa detail mengenai betuk dan gambar klitoris, bagaimana menemukannya, cara merangsangnya, dan bagaimana merawatnya dengan benar.