Libido atau gairah seks adalah hasrat dari dalam diri yang muncul setelah tubuh menerima rangsangan, baik itu rangsangan fisik maupun rangsangan mental berupa pikiran-pikiran erotis. Libido dipengaruhi oleh hormon seks, pada pria disebut hormon testosteron dan pada wanita hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon inilah yang bertanggung jawab terhadap sifat seksualitas pada pria dan wanita.

Pada wanita, penyebab libido rendah bermacam-macam. Terkadang karena persoalan sederhana saja seorang wanita bisa kehilangan mood bercinta selama berhari-hari. Penyebabnya bisa karena stres, marah, tertekan, kepercayaan diri menurun, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui apa-apa saja penyebab libido seorang wanita menjadi rendah, maka peluang mengatasinya menjadi lebih mudah. Berikut ini 6 hal yang menyebabkan libido rendah pada wanita

1. Stres
Saat seseorang menghadapi tekanan berlebih, tubuh secara otomatis memproduksi hormon kortisol sebagai sebuah mekanisme penyeimbang. Sayangnya hormon kortisol ini mempengaruhi kadar testosteron dan estrogen dalam tubuh. Kadar hormon estrogen menyebabkan libido menurun drastis dan gairah bercinta pun menghilang meskipun pasangan sudah memberikan foreplay yang lama.

Jika ini yang dihadapi, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkan segala pikiran negatif di kepala. Jangan bawa pulang ke rumah pekerjaan kantor, jadikan rumah tempat anda beristirahat agar tubuh dan pikiran segar kembali.

2. Marah
Banyak pasangan yang berusaha mati-matian membangkitkan gairah seks mereka, berbagai cara ditempuh termasuk mengkonsumsi obat-obatan perangsang nafsu dan makan makanan berprotein tinggi seperti daging kambing, yang kesemuanya itu hanya mitos dan propaganda perusahaan obat belaka.

Mereka lupa mencari dan menyelesaikan penyebab libido rendah terjadi. Rasa marah atau kurang sreg sekecil apapun terhadap pasangan jika terus ditumpuk akan menjadi besar dan bisa membawa bencana bagi hubungan pernikahan. tanda-tanda awal adanya masalah yang terselesaikan dalam rumah tangga adalah libido yang rendah.

Jika ini terjadi, segeralah instrospeksi diri dan perbaiki komunikasi dengan pasangan. Tetap jaga romantisme dan cinta anda, beri perhatian yang lebih kepada pasangan. Cara-cara ini akan membuat hubungan menjadi lebih intim dan gairah bisa kembali normal.

3. Rokok dan Alkohol
Salah satu mitos yang banyak dipercaya masyarakat adalah minum alkohol dapat membangkitkan gairah seks. Ini mitos dan sangat berbahaya jika dipercaya, alih-alih membuat libido meningkat, alkohol dapat menyebabkan anda menderita disfungsi ereksi akibat pembuluh darah yang menyempit.

Efek yang sama juga terjadi pada perokok. Campuran bahan kimia yang dikandung sebatang rokok dapat menyebabkan pembuluh darah yang membawa darah ke penis menyempit, menyebabkan gairah sangat rendah dan kalaupun keinginan berhubungan masih ada, kemungkinan besar penis sulit ereksi dengan keras.

4. Kurang tidur
Banyak penelitian yang menyebutkan hubungan tidur dengan gairah seks. Tidur adalah aktifitas istirahat total tubuh setelah seharian bekerja. Dengan tidur, fungsi tubuh baik itu organ maupun hormon akan di normalkan kembali, agar setelah terbangun tubuh menjadi segar.

Kekurangan tidur tentu membuat tubuh tidak berisitirahat dan regenerasi sel-sel akan terhambat. Maka dampak yang muncul adalah rasa lelah, malas bekerja dan tidak mood melakukan apa saja termasuk bercinta. Karena itu untuk memperbaiki libido yang rendah, perbaiki kualitas tidur dan istirahatlah secara teratur.

5. Anak-anak
kehadiran bayi dalam rumah tangga menciptakan kebahagiaan tersendiri. Semakin banyak anak semakin bahagia dan rumahpun semakin ramai. Waktu privacy dan keintiman suami istri menjadi berkurang. Pada wanita yang baru melahirkan dan sedang menyusui bayi, akan mengalami penurunan kadar estrogen yang menyebabkan vagina kering sehingga penetrasi penis terasa menyakitkan, hal ini menyebabkan keinginan bercinta biasanya menurun drastis.

6. Obat-obatan
mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menyembuhkan penyakit yang diderita terkadang memiliki efek samping menurunkan gairah seks. Jenis obat tersebut adalah obat anti depresan, obat hipertensi, sedatif, dan obat penghilang rasa nyeri.

Jika libido rendah terjadi bersamaan dengan saat anda memulai mengkonsumsi obat-obatan tersebut, lebih baik berkonsultasi ke dokter, kemungkinannya anda akan diberi alternatif obat yang lain.

Sebuah survei dari Mayoclinik menyebutkan bahwa sekitar 40% wanita yang telah berumah tangga selama bertahun-tahun mengalami penurunan libido. Untuk meningkatkan kembali mood bercinta, ketahui penyebabnya dan selesaikan. Selain itu terdapat juga beberapa herbal meningkatkan gairah seks wanita yang bisa dikonsumsi dengan aman dan tanpa efek samping.

+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download disini!