Tanda-tanda dan gejala kanker prostat

Tanda-tanda dan gejala kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum diderita oleh setiap laki-laki berusia lebih dari lima puluh tahun. Beberapa peneliti menyebut kanker ini berkaitan dengan rendahnya produksi hormon testosteron di usia tersebut.

Setiap pria perlu mengetahui dengan baik tanda-tanda dan gejala kanker prostat karena perbedaan antara gejala adanya gangguan pada prostat baik itu yang bersifat ringan ataupun gangguan prostat yang lebih serius seperti kanker prostat sangatlah tipis.

Untungnya saat ini ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker prostat. Kanker prostat yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah ditangani apalagi pengobatan kanker prostat lebih efektif dibandingkan dengan kanker jenis lain.

Dengan mengetahui sejak dini ciri-ciri dan tanda kanker prostat dan mampu membedakannya dengan jenis gangguan prostat yang lain maka potensi untuk berkembangnya penyakit ke tingkat yang lebih serius bisa ditanggulangi.

LAKUKAN TEST PSA SETIAP TAHUN

Prostate Specific Antigen tests (PSA tests) adalah cara paling umum mengetahui tanda-tanda awal kanker prostat. Test PSA akan mengukur protein dalam darah, semakin tinggi tingkat protein ini maka semakin tinggi risiko terkena kanker prostat.

Protein yang tinggi dalam darah juga bisa berarti adanya gangguan lain berupa prostat jinak atau bisa juga karena infeksi saluran kemih. Melakukan tes PSA secara rutin setiap tahun adalah cara terbaik mendeteksi kanker prostat sedini mungkin.

PERHATIKAN PERUBAHAN BUANG AIR KECIL

Perhatikan perubahan-perubahan kecil saat anda buang air kecil dan diskusikan dengan dokter Anda saat anda berkonsultasi. Tanda-tanda kanker prostat yang perlu anda perhatikan saat buang air kecil adalah:

  • Lebih sering buang air kecil (terutama di malam hari)
  • Merasa nyeri saat buang air kecil
  • Air tetesan kencing terakhir yang makin banyak
  • Kesulitan buang air kecil diawal (serasa ada yang menahan)
  • Air urin bercampur darah

PERHATIKAN TANDA-TANDA LAIN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PROSTAT

Tanda-tanda lain kanker prostat yang biasa muncul berkaitan dengan aktifitas seks. Terkadang seks yang tidak puas diakibatkan karena adanya gangguan pada prostat baik itu gangguan jinak maupun kanker prostat. Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perasaan nyeri saat ejakulasi (orgasme)
  • Ereksi penis tidak keras (disfungsi ereksi)
  • Nyeri yang tetap konsisten di punggung bawah, paha, atau di daerah pinggul

Gejala-gejala atau pun ciri di atas tidak selalu berarti anda mengidap kanker prostat, karena bersifat umum dan bisa berarti adalah pertanda dari gejala gangguan prostat yang lain. Tapi jika Anda curiga mengidap kanker prostat berdasarkan tanda-tanda tersebut di atas, kunjungi dokter untuk konsultasi dan jika memungkinkan lakukan tes laboratorium untuk memastikan.

JANGAN SEMBUNYIKAN TANDA-TANDA KANKER PROSTAT DARI PASANGAN ANDA

Banyak pria yang diam-diam menyembunyikan gejala dan tanda-tanda kanker prostat yang dirasakan, berharap gangguan tersebut bersifat sementara dan nantinya bisa sembuh sendiri. Karena terlalu lama didiamkan akhirnya gangguan tersebut semakin tak tertahankan dan akhirnya ke dokter juga untuk diperiksa.

Perasaan semakin hancur dan menderita saat dokter memvonis menderita kanker prostat ganas stadium lanjut. Dalam situasi seperti itu penyakit semakin sulit disembuhkan. Jangan menunggu atau menyembunyikan tanda yang anda rasakan. Beritahu istri atau orang dekat anda sehingga anda tidak sendiri dan ada yang memotivasi anda untuk segera berobat.

TIPS

  • Ingat bahwa ciri atau tanda-tanda yang anda rasakan bisa juga berarti gangguan prostat jinak yang bisa menjadi ganas suatu saat.
  • Jika anda positif mengidap kanker prostat, tidak perlu panik. Kanker prostat memiliki tingkat kesembuhan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kanker lainnya.
  • Jangan menunda ke dokter! semakin lama Anda menunggu semakin sulit menyebuhkan kanker prostat yang diderita
+++

Dapatkan ebook Kamasutra, GRATIS. Download Disini!