Ketagihan seks sama saja dampaknya dengan segala jenis ketagihan lainnya seperti ketagihan alkohol, obat bius, rokok ataupun ketagihan judi. Semua jenis ketagihan tersebut akan menimbulkan efek negatif terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Meskipun ketagihan seks terasa seperti menyenangkan, faktanya sebuah penelitian menyebutkan bahwa ketagihan seks dapat menyebabkan penyakit serius seperti jantung.

Ketagihan seks pada wanita

Ketagihan seks pada wanita disebut Nymphomania

“Seorang pria pernah datang ke klinik kami dan mengaku telah menghabiskan lebih dari 60.000 dollar dalam satu tahun hanya untuk memenuhi kebutuhan seksnya,” ujar Patrick Carnes, Ph.D., seorang terapis seksual di Kalifornia.

Ada juga seorang pria yang telah beristri tapi masih tertarik dengan wanita lain karena memiliki dorongan seks yang sangat besar. Pria tersebut memiliki tiga keluarga di tiga kota yang berbeda. Bisa anda bayangkan berapa energi yang harus dikeluarkan pria tersebut untuk memuaskan ketiga istrinya. Itu belum termasuk dengan kebiasaannya bermain perempuan di luar.

“Pria itu akhirnya meninggal akibat serangan jantung saat berusia 50 tahun,” terang Dr. Carnes. Ketagihan seks seperti jenis ketagihan lainnya selalu menuntut dan menuntut agar keinginannya terpenuhi. Merusak diri sendiri dan menghambat pergaulan sosial.

“Bisa anda bayangkan bagaimana hidup seseorang yang mengumbar nafsu secara berlebihan, begadang setiap malam menonton film porno, merasa was-was karena takut ketahuan,” lanjut Carnes. Ketagihan seks dapat menuntut bayaran yang sangat mahal. Ketagihan akan membuat anda selalu stres dan stres akan mengganggu kesehatan anda.

“Di negara bebas seperti Amerika Serikat, jumlah pria ketagihan seks berkisar 6%,” lanjut Dr. Carners. Kadang-kadang mereka adalah teman dan keluarga kita sendiri. Mereka menderita dalam diam, sambil mengkhayalkan bagaimana masa kecil mereka yang indah saat mereka sama sekali belum mengenal seks.

Ketagihan seks bukan hanya domain pria, gangguan seksual ini juga dialami kaum wanita. Ketagihan seks berlebihan pada wanita disebut Nymphomania. Gejala dan risikonya sama besar dengan pria. Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa tanda orang yang mengalami ketagihan seks, baik dia pria maupun wanita:

  1. Trauma seksual masa kanak-kanak akibat pelecehan seks.
  2. Menyadari dan merasa malu dengan aktifitas seks yang dilakukan.
  3. Tidak berdaya menghentikan perilaku seksualnya yang berlebihan.
  4. Mengetahui dengan pasti bahwa dirinya ketagihan seks secara tidak normal.
  5. Aktif melakukan praktik-praktik seksual, seperti prostitusi atau bahkan berhubungan seks dengan anak di bawah umur.

Dengan mengetahui beberapa ciri dan gejala kecanduan seks seperti disebut di atas, anda bisa menilai dairi anda dan kalau memungkinkan segera lakukan terapi untuk menyembuhkan diri dari ketagihan tersebut. Anda bisa juga melakukan pemeriksaan mandiri dengan menjawab kuisioner perihal kecanduan seks, caranya dengan  menjawab 12 pertanyaan yang di berikan secara jujur pada lembar kuisioner.

Bila anda mencurigai diri anda ketagihan seks, anda perlu berbicara dengan seorang terapis atau dokter untuk mencari tahu jalan keluarnya. Anda tidak perlu meninggalkan seks sama sekali, sebab bagaimanapun juga seks adalah kodrat manusia. Yang perlu dilakukan adalah mengaturnya dan tidak membiarkan seks yang mengatur hidup anda.