G-Spot dan Kesehatan Reproduksi Wanita

Berdasarkan definisi dari Departemen Kesehatan, diketahui bahwa kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara menyeluruh serta proses reproduksi. Dengan demikian kesehatan reproduksi bukan hanya kondisi bebas dari penyakit, melainkan bagaimana seseorang dapat memiliki kehidupan seksual yang aman dan memuaskan baik sebelum menikah maupun sesudah menikah.

Anatomi Alat Reproduksi Wanita

Alat reproduksi sendiri adalah bagian-bagian tubuh kita yang berfungsi dalam melanjutkan keturunan. Alat reproduksi wanita berbeda dengan alat reproduksi laki-laki. Di artikel ini kita akan lebih khusus membahas sistem reproduksi wanita dan bagian-bagiannya.

Alat reproduksi wanita terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam dan luar. Bagian dalam memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Bibir kemaluan (labia mayora), yaitu daerah yg berambut, berfungsi sebagai pelindung dan menjaga agar bagian dalam tetap lembab.
  2. Bibir dalam kemaluan (labia minora), yaitu daerah yang tidak berambut dan memiliki jaringan serat sensorik yang luas yang sangat peka karena mengandung ujung syaraf.
  3. Vagina, yaitu rongga penghubung antara alat reproduksi wanita bagian luar dan dalam.

Sementara itu alat reproduksi wanita bagian luar memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Vagina bagian luar, yang merupakan jalan keluar bagi darah haid dan jalan keluar ketika bayi lahir (sifatnya sangat lentur sehinggga bayi dapat keluar melalui vagina).
  2. Leher rahim (cervix), yang merupakan penghubung antara vagina dan rahim.
  3. Rahim (uterus), tempat dimana sel telur yang sudah dibuahi tumbuh dalam rahim selama kehamilan. Bila telur tidak dibuahi, maka sel telur menempel ke dinding rahim. Selanjutnya dinding rahim menebal lalu luruh dan mengalir keluar dalam bentuk darah. Inilah yang disebut haid (menstruasi).
  4. Saluran telur (tuba falopii), yaitu dua saluran yang terletak sebelah kanana dan kiri rahim yang berfungsi sebagai penghubung rongga rahim dan indung telur.
  5. Dua buah indung telur ( ovarium), berfungsi memproduksi sel telur dan hormon peremputan yaitu estrogen dan progesterone. Atas pengaruh hormon, sebanyak satu sampai dua sel telur masak setiap bulan , lalu dilepaskan ke dinding rahim. Dinding rahim ini akan menebal, yang sebetulnya berguna sebagai tempat sel telur bersarang setelah dibuahi.

Nah… apakah tanda-tanda kematangan alat reproduksi wanita? Kematangan alat reproduksi wanita ditandai oleh terjadinya haid pertama, yaitu disebut menarche. Biasanya kita menyebut anak remaja wanita yang demikian sudah akil baligh, yang dimulai sekitar umur 8-12 tahun. Bila seorang wanita sudah mengalami menarche, itu artinya tubuhnya sudah menghasilkan sel telur yang bisa dibuahi sperma yang dihasilkan oleh tubuh laki-laki, dan dapat menyebabkan terjadinya kehamilan.

Letak G-Spot Wanita

Selain alat reproduksi tadi, Anda juga perlu mengenali satu area lagi yang sering disebut G-Spot. Menemukan titik g-spot wanita adalah impian semua pria. G-Spot (Grafenberg Spot) saat ini sering dibahas di berbagai media.

Titik G-Spot adalah sebuah ruang sempit dibalik tulang pubis wanita ini yang apabila tersentuh akan memberikan sensasi yang luarbiasa (baca: Menyingkap Misteri Titik G-Spot Wanita)

Titik G-Spot dapat ditemukan dengan memasukkan jari-jari ke dalam Vagina dengan telapak tangan menghadap ke depan. Dengan menyentuh dan memainkan bagian ini dengan perlahan, dapat membuat pasangan wanita mendapatkan orgasme yang kuat.

G Spot juga dapat terstimulasi dengan baik saat bercinta dengan posisi doggy style atau spooning.

Nah… berbekal pengetahuan anatomi tubuh dan alat reproduksi, tentunya Anda kini dapat mempersiapkan diri untuk menikmati saat-saat indah bersama. Jangan takut untuk mencoba dan mengekplorasi tubuh pasangan, karena kreativitas memang merupakan elemen yang sangat penting untuk membina hubungan intim yang senantiasa penuh gairah.

This entry was posted in Kesehatan Wanita and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to G-Spot dan Kesehatan Reproduksi Wanita

  1. Yuni says:

    Kewanitaan saya selalu gatal terutama di bibir luar dan dalam padahal saya selalu bersihkan bahkan ganti tiap kali mandi apa sih penyebabnya? Dan kalo berhubungan sama suami selalu keluar putih putih kental melekat pada penis suami, apa sih penyebabnya

    • Obat Keputihan says:

      Biasanya kl mengalami gatal pada Miss V bisa karena iritasi atau jamur. Sebisa mungkin kita periksakan saja ke dokter, daripada nanti berlarut-larut menjadi lebih parah. Karena jenis penyakit kelamin itu ada banyak jenisnya dan harus diobati sesuai dengan penyakitnya. Lalu mengenai cairan kental putih saat berhubungan intim, jika tidak berbau bisa saja memang itu jenis cairan “pelumas” yg keluar dengan sendirinya saat istri mengalami rangsangan yang gunanya agar ketika terjagi gesekan antara penis dan dinding vagina tidak sakit. Tapi jika cairan itu berbau ada kemungkinan mengalami keputihan atau penyakit lainnya. Tq

  2. Engga says:

    Saya cewe umur 23thn,blm menikah. Ketika akan menstruasi vagina saya terasa gatal. Apakah normal?

  3. ACU SAPUTRA says:

    normal dhe nda perlu lg di ragukan..semangat…….horas…!!!!!!!

  4. Che says:

    Saya pelajar kelas XI,saya sering mengalami keputihan dan keputihan saya thu bau pesing itu thu penyebab.a pha ya terus bahaya ngga?
    MakasiH

  5. anto says:

    itu ngga masalah… masih dalam tahap yang normal…. Jangan Kuatir……

  6. Rahmah says:

    vagina disebelah kiri saya suka nyeri…tanda2 apa yaah????

  7. WATI says:

    saya sangat senang dengan adanya artikel ini bisa untuk menambah wawasan saya, oh ya saya ahli gigi madya untuk yang mau pasang gigi palsu hub 031 71751067 trims ya.

  8. sinta says:

    apakah orang yang habis keguguran di tes kehmilanya hasilnya akan tetap positif

  9. Titie says:

    Menstruasi saya terhenti -/+ sdh 2 thn.apakah akn mempengaruhi dengan kehamilan saya..??”. Dan saya sekarang sudah menikah, tepat 1thn smpai sekarang belum ad tanda2 kehamilan.apakah menstruasi itu mempengaruhi dengan kehamilan saya…???

  10. emma says:

    Saya selalu mengalami keputihan yang membuat daerah Ms.V saya gatal sehingga mengakibatkan iritasi,saya mau mencoba periksa ke doktor tapi saya malu.
    Tolong bagi tahu saya cara mengobatinya.
    Thanks

  11. Syahrul C'llu Cynx says:

    saya selalu mengalami sakit perut yang sangat ktika saya haid,sehingga saya tdk bsa jalan dan berdiri.
    apakah tidak akan terjadi apa-apa.?
    thanx

  12. ratna says:

    saya senang dengan adanya situs ini,artikel yg dimuat bisa memberikan pengetahuan untuk lebih mengenal tubuh.

  13. ochie says:

    keputihan yang cenderung banyak prosentase nya,, berbekas dCD ,,bau nya jg agak mengganggu ..apakah itu sangat berbahaya???
    dan bagaimana menyembuhkan nya??
    trimz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *