Waspadai Ketagihan Seks!

Kami tahu anda mungkin berpikir “Jelas, ketagihan seks malah sesuatu yang asyik.” Tetapi, dalam kenyataan, ketagihan atau kecanduan seks bisa berakibat buruk. Seperti mereka yang ketagihan alkohol, obat bius, atau judi, orang yang ketagihan seks dapat mengorbankan karir, keluarga, bahkan kesehatan untuk memenuhi hasrat mereka.

Ketagihan seks berlebihan pada wanita disebut Nymphomania. “Kami pernah mengobati orang yang telah menghabiskan 50.000 dolar atau lebih dalam setahun hanya untuk seks. Ada pula seorang pria yang telah beristri tapi masih tertarik dengan wanita lain, dia mempunyai empat keluarga di empat kota berbeda. Dapatkah anda membayangkan energi yang harus disediakannya untuk memuaskan keempat wanita itu?”

“Orang itu meninggal karena serangan jantung dalam usia lima puluh tahun,” kata Patrick Carnes, Ph.D., direktur klinis Sexual Dependency Unit dan Sexual Therapy Program di Del Amo Hospital di Torrance, California, dan pengarang Don’t Call It Love.

“Mengumbar nafsu secara berlebihan, begadang setiap malam, dan selalu takut ketahuan, semuanya bisa menuntut bayaran sangat mahal. Ketagihan adalah sesuatu yang membuat anda stres, dan stres membuat anda lekas tua.”

Pria yang ketagihan seks di Amerika mencapai enam persen, demikian taksiran Dr. Carnes. Beberapa di antara faktor-faktor risiko dan tanda-tanda ketagihan itu adalah:

  1. Pernah mengalami pelecehan seksual semasa kanak-kanak.
  2. Merasa malu dengan kebiasaan seksual anda.
  3. Tidak mampu menghentikan perilaku seksual anda meskipun tahu bahwa itu tidak benar.
  4. Percaya bahwa aktivitas seksual anda tidak normal.
  5. Melakukan praktik-praktik seksual, misalnya prostitusi atau seks dengan anak di bawah umur, yang jelas bertentangan dengan hukum.

Kenali ciri dan gejala anda kecanduan seks sehingga anda bisa segera melakukan terapi untuk menyembuhkan ketergantungan tersebut. Anda bisa juga melakukan pemeriksaan sendiri dengan menjawab kuisioner dengan kecanduan seks dengan menjawab 12 pertanyaan yang di berikan.

Bila anda merasa ketagihan, anda tidak harus meninggalkan seks sama sekali. Namun, anda dapat belajar menghindari perilaku-perilaku yang memicu ketagihan tersebut. Kalau anda curiga bahwa anda mengalaminya, konsultasikan dengan dokter spesialis masalah seksual.

This entry was posted in Sex & Love and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *